Ketua Maska Ungkap Pentingnya Kereta Api di Sulsel

Kamis, 07 Juni 2018 | 21:11 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

MAKASSAR,GOSULSEL.COM– Sulawesi Selatan sebagai salah satu provinsi dengan ibukota Makassar yang saat ini sedang berkembang pesat. Hal tersebut menjadi perhatian dari Masyarakat Perkeretaapian Indonesia (Maska) yang mengungkapkan betapa pentingnya kehadiran angkutan massal utamanya yang berbasis rel.

“Dan menurut penelitian kami, bahwa kota Makassar sangat memerlukan angkutan masal, mungkin dari para DPD bisa melakukan masukan atau FGD atau seminar bagaimana kita bisa mengusulkan kepada pemerintah pusat atau daerah membangun transportasi perkotaan yang berbasis rel,” ujar Hermanto Dwiatmoko selaku Ketua Umum Maska Indonesia.

Menurutnya, jalan tol layang dibangun di Makassar merupakan upaya yang efektif, namun jalan tol layang tersebut akan berkurang fungsinya beberapa tahun kedepan karena akan kembali dipenuhi dengan kendaraan.

“Membangun jalan tol layang, tol layang seperti di Jakarta 2 – 3 tahun akan full lagi. Sebenarnya yang penting adalah angkutan massal, jadi kita ini di Maska berupaya memberikan masukan berdasarkan hasil penelitian di perguruan tinggi, dari luar negeri jadi kita bisa beri usulan-usulan,” jelasnya.

Sementara itu, Isran Ramli selaku Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Maska Provinsi Sulawesi Selatan mengatakan, berbagai tantangan akan dihadapi dalam pembangunan kereta api di Sulsel. Disitulah peran Maska untuk mengawak pembangunan kereta api tersebut.

“Pembangunan kereta api kedepannya masih banyak tantangan, disini fungsi dan peran Maska mengawal pembangunan kereta api supaya bisa berlangsung dengan sukses dari banyak aspek,” jelasnya.

Lanjutnya, selain itu, Maska juga berperan dalam memberi edukasi kepada masyarakat yang akan mengubah pola pikir dan perilaku mereka dalam bertransportasi.

“Dan bagaimana mengubah budaya, pola pikir dan perilaku masyarakat bertransportasi. Karena tadinya tidak pernah melihat kereta disitu kemudian melihat, kan ada perubahan budaya dan tentunya salah satu fungsi Maska adalah memberi advokasi kepada masyarakat bagaimana pentingnya beroperasi moda kereta api ini,” pungkasnya.

Diketahui, Maska melantik dan mengukuhkan Dr. English. Muhammad Isran Ramli, ST., MT sebagai Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Maska Provinsi Sulawesi Selatan, di Hotel Aryaduta Makassar, kemarin (6/6).(*)