Dinkes Gowa Gencar Kampanye Imunisasi Campak & Rubella

Sabtu, 09 Juni 2018 | 12:35 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Gowa, gencar kampanye imunisasi campak dan rubella atau meases rubella (MR). Ini dilakukan sebagai wujud komitmen Dinkes untuk mencegah penyebaran penyakit. 

Kadinkes Gowa, Hasanuddin Kamal mengatakan, Program ini dilakukan dengan memulai mengkampanyekan dua penyakit tersebut kepada masyarakat. Mengingat, program imunisasi campak dan rubella adalah program nasional yang saat ini disasar di Kawasan Timur Indonesia (KTI). 

Diketahui, Imunisasi campak dan Rubella akan dilakukan di 18 kecamatan di Gsowa dan akan berlangsung pada September mendatang. 

“Rencananya imunisasi campak dan rubella mulai dilakukan pada Agustus hingga September mendatang di 18 kecamatan di Gowa,” katanya di sela-sela Pertemuan Advokasi dan Sosialisasi Imunisasi Meases Rubella (MR) di Gedung Ady Jaya Tumanurung, pada Jumat (8/6/2018).

Hasanuddin juga mengatakan, dilakukannya imunassasi campak dan Rubella ini karena sangat penting untuk anak-anak, mengingat dua penyakit ini mampu dicegah fengan imunisasi. 

Berdasarkan usianya, imunisasi ini diperuntukkan bagi anak usia 9 hingga 15 tahun.

“MR dilakukan sebagai upaya untuk memutuskan penularan virus campak dan rubella, jadi kita lakukan pencegahan dengan imunisasi,” ungkapnya. 

Akan ada dua tahap dalam pemberian imunisasi ini, pertama pada Agustus mendatang untuk anak-anak sekolah, dan September dilakukan bagi bayi 9 bulan hingga usia 7 tahun.  

Melalui Dinkes Gowa, dapat diketahui, tercatat sebanyak 208.925 total anak yang diberikan imunisasi campak dan rubella, atau setiap kecamatan sekiranya 4.000 anak. 

Kepala Dinsos Gowa juga berharap, dibutuhkan peran stakeholder dalam suksesnya kampanye tersebut, dengan maksud tak lain agar anak-anak penerus bangsa terhindar dari virus berbahaya tersebut.(*)


BACA JUGA