Hadiri Bimbingan Manasik Haji, Bupati Adnan Lepas 605 Calon Jamaah Haji Asal Gowa

Jumat, 22 Juni 2018 | 16:40 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM– Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa menggelar Bimbingan Manasik Hajiyang dirangkaikan dengan Pelepasan Calon Jamaah Haji, mengingat telah memasuki musim haji 1439 Hijriah.

Kegiatan yang dihadi Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Sekda Gowa, H Muchlis ini berlangsung di Masjid Agung Syekh Yusuf. Jumat (22/6/2018).

Diketahui, tahun ini Kabupaten Gowa memberangkatkan sebanyak 605 jamaah haji yang nantinya dibagi menjadi tiga kloter, yakni kloter lima, enam dan 28.

Hal tersebut disampaikan langsung Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa, Anwar Abubakar saat ditemui usai pelepasan jamaah haji.

“”Kita mendapat tiga kloter, kloter lima sebanyak 279 orang akan berangkat pada 19 Juli, kloter enam 84 orang pada 20 Juli, dan kloter 28 sebanyak 249 orang pada 8 Agustus mendatang,” rincinya.

Beberapa persiapan pun harus dilakukan para jamaah haji asal Gowa ini, salah satunya yakni manasik haji yang akan dilakukan selama 10 hari kedepan. Dua hari tingkat kabupaten yang akan berlangsung di Masjid Agung Syekh Yusuf, dan delapan hari ditingkat kecamatan yang lokasinya akan ditentukan.

“Sebagai pembekalan, maka manasik haji ini akan dilakukan untuk seluruh calon jamaah agar pada saat pelaksaanan bisa melakukan sesuai dengan tuntutan ajaran islam dan yang terpenting bisa menjadi haji yang mabrur,” terangnya.

Sementara itu Bupati Adnan mengatakan, kegiatan manasik akan sangat bermanfaat bagi calon jamaah haji, mengingat para calon jamaah akan mengetahui tatacara berhaji yang sesuai dengan ajaran islam, mulai berangkat hingga tiba ditanah air,” jelas orang nomor satu di Gowa ini.

Dirinya bahkan menitipkan harapan besar aagar jamaah haji asal Gowa bisa menjaga kesehatan fisik dan mentak untuk menghadapi ibadah haji mendatang.

“Siapkan fisik dan mental untuk melalui rangkaiaan disana dan balik kesini dengan sehat serta semoga menjadi haji yang mabrur,” tambah Adnan sekaligus mengakhiri dan melakukan pelepasan terhadap ratusan jamaah haji.(*)