#

Bawaslu Sulsel Minta Paslon Siapkan Mental

Senin, 25 Juni 2018 | 16:48 Wita - Editor: Irwan AR -

MAKASSAR, GO CAKRAWALA– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel mengingatkan pasangan calon kepala daerah untuk tak melakukan kampanye selama masa tenang. Mereka diminta menyiapkan mental dan psikologi untuk menerima kenyataan.

“Kasih kesempatan ke masyarakat untuk tenang dan mereviuw materi kampanye, visi misi serta janji yang telah diucapkan. Ini untuk menentukan pilihan. Kepada paslon silahkan mempersiapkan diri menerima kenyataan, siap menang dan kalah,” Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi usai rapat koordinasi di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (25/6/2018).

Arumahi mengatakan fokus selama masa tenang ini adalah mengawal proses distribusi logistik pemilu agar bisa sampai satu hari sebelum pencoblosan di TPS. Hal ini sudah diintruksikan ke semua pengawas TPS dan petugas lapangan.

Terkait pengawasan pelanggaran, Bawaslu melakukan patroli pengawasan sampai selesai tahapan pencoblosan. Yang diawasi utamanya praktek politik uang (money politik) serta kegiatan kampanye terselubung.

“Dengan melibatkan tim, masyarakat dan aparat kepolisian, untuk melakukan pencegahan. Termasuk penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) sekarang sudah kita tertibkan dan bersihkan,” jelasnya.

Soal kampanye yang masih dilakukan di media sosial, Bawaslu mengingatkan khusus untuk akun resmi milik paslon sudah diminta ditutup. Jika ada pelanggaran, pihaknya akan menyerahkan ke kepolisian untuk penanganan.

Tak hanya itu, selama proses kampanye utamanya kampanye akbar. Bawaslu menerima banyak laporan pelanggaran, terutama Pelibatan anak-anak dalam kegiatan rapat akbar beberapa waktu lalu.

“Kita sudah konsultasikan ke komisi perlindungan anak. Karena sanksinya juga tidak ada di UU pilkada. Hanya ada di UU perlindungan anak,” pungkasnya. (*)