Ingin Tampil Cantik & Memesona?, Ini Rahasianya Perempuan Bugis-Makassar

Senin, 25 Juni 2018 | 11:01 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Perempuan suku Bugis Sulsel memiliki rahasia tersendiri agar selalu tampil cantik dan mempesona. Bedda’ Bolong (Bedak Hitam) sebuah rahasia kecantikan dari turun temurun nenek moyang Suku Bugis Makassar di Sulsel yang diberikan kepada penerusnya.

Banyaknya produk kecantikan kini semakin menggerus eksistensi komestik tradisional tersebut. Namun, ramuan luluran alami herbal tradisional ini masih bisa dijumpai di pasaran. Indo Emmeng, sebuah brand Bedda’ Bolong yang dikembangkan oleh Tenri Sau yang merupakan pemilik brand tersebut.

Rumah produksinya berada di Daerah Paria Kec. Majauleng kab. Wajo. Dengan keterampilan tangannya, ia mampu meracik bahan-bahan alami menjadi bedak untuk digunakan diseluruh tubuh. Kini usahanya sudah sampai di seluruh Indonesia bahkan ke luar negeri, diantaranya Gorotontalo, Manado, Jawa, Lampung, Jambi, Domeng, NTT, Papua, dan Batam serta Malaysia dan Jepang.

“Alhamdulillah, Bedda’ Bolong ini adalah mukjizat bagi saya,” ujarnya. Tenri Sau menceritakan kisah awal merintis usahanya tersebut. Tanpa modal dan dengan kondisi yang sangat membutuhkan uang, ia melihat potensi dan pangsa pasar produk ini yang menjanjikan.

“Saat itu saya sangat membutuhkan uang. Setelah keliling mencari pinjaman namun tidak ada yang meminjamkan, saya kembali berserah diri kepada Allah Ta’ala. Dari situlah mulai terpikirkan untuk membuat bedak hitam, juga bisa melestarikan warisan turun temurun nenek moyang bugis,” lanjutnya.

Melihat pembuatan bedaknya banyak dilirik masyarakat, ia lalu mengembangkan produksinya yang hingga kini mulai dikenal dengan brandnya Indo Emmeng.(*)


BACA JUGA