Pj Gubernur & Forkopimda Sulsel Tinjau TPS di Kabupaten/Kota

Rabu, 27 Juni 2018 | 11:19 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,Gosulsel.com – Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulsel, meninjau TPS di sejumlah kabupaten/kota, dalam Pilkada serentak, Rabu (27/6/2018). Ketua KPU Sulsel juga hadir dalam peninjauan ini.

TPS yang dilakukan peninjauan di Kota Makassar, Kabupaten Sidrap dan Kabupaten Jeneponto.

pt-vale-indonesia

Pertama, pada pukul 07.50 Wita, Soni sapaan akrab Sumarsono melakukan peninjauan TPS 15 Kelurahan Banta-Bantaeng,  Kecamatan Rappocini. Di TPS dengan jumlah 374 daftar pemilih tetap (DPT) juga hadir Wali Kota Makassar Danny Pomanto.

Sumarsono yang datang datang disambut dengam senyum oleh para petugas dan masyarakat yang) telah datang dan akan menggunakan hak pilihnya.

Di sini Ia menyaksikan pengambilan sumpah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). 

Selanjutnya pada 08:15 Wita melakukan peninjauan di TPS yang berada di Lapas Kelas 1 Makassar.  Ditempat ini terdapat dua TPS dengan jumlah total 924 DPT dengan rincian baik di TPS 27 dan TPS 28 masing-masing 462 orang. 

“Pemerintah Sulsel sangat siap untuk melaksanakan penyelanggaraaan Pilkada serentak, dan ini merupakan priorotas untuk mengecek sampai pembangun TPS sampai penghitungngan suara,” kata Sumarsono. 

Dari peninjaun di beberapa TPS sejak kemarin, Gubernur mengambil kesimpulan bahwa kesiapan sudah 98 persen. Termsusk dengan menyiapkan tenaga personil pengamanan seperti personil polisi satu TPS satu personil dan anggota TNI yang siap memback-up. 

Untuk daerah rawan bencana alam seperti Wajo dan wilayah Luwu KPU sudah mengantisipasi dengan berbagai hal termasuk menyiapkan TPS apung (terapung).

“Saya kira Pilkada Serentak di Sulsel akan berjalan aman dan lancar,” sebutnya. 

Selanjutnya, pada pukul 09.05 Sumarsono dan Forkopimda Sulsel tiba di Bandara Galaktika Lanud Hasanuddin, Kabupaten Maros.

Kemudian take off pada 09.35 Wita dengan menggunakan helikopter jenis Super Puma H-3211 terbang ke Kabupaten Sidrap, Peninjauan pelaksanaan pemungutan suara di TPS 01 Kecamatan Maritanggae jam 10.00 Wita.

Kemudian, peninjauan pelaksanaan pemungutan suara TPS 01 di Kabupaten Jeneponto, Kecamatan Binamu pada pukul jam 11.00 Wita.(*) 


BACA JUGA