Peringatan Harganas 2018, Sumarsono: Keluarga Inti Segalanya

Jumat, 29 Juni 2018 | 16:55 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,Gosulsel.com – Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas), pada hari ini, Jum’at (29/6) menjadi momentum yang sangat strategis dan penting.

Hal ini karena peranan keluarga yang sangat penting,  bukan hanya penting bagi pribadi seseorang tetapi lebih luas dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa guna menciptakan masyarakat sejahtera sebagai, hari keluarga nasional ini menjadi pilar utama pembangunan.

pt-vale-indonesia

Hari Keluarga Nasional ini memiliki semangat untuk menuju Indonesia Emas Tahun 2045, Dalam peringatan ke-25 ini megangkat tema “Hari Keluarga: Hari Kita Semua”, dengan tagline “Cinta Keluarga Cinta Terencana”.

Peringatan ini penting untuk dimaknai dan juga mengingatkan pentingny keluarga, mencintai dan membangunnya. 

Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono juga turut mengucapkan selamat dan menyampaikan bahwa keluarga adalah inti segalanya. 

“Saya Soni Sumarsono penjabat Gubernur Sulsel mengucapkan selamat Hari Keluarga Nasional yang ke-25, peringatan ini merupakan momentum yang tepat untuk mengatakan bahwa keluarga adalah inti segalanya,” katanya.

Keluarga yang baik akan melahirkan masyarakat yang baik, demikian juga masyarakat yang baik akan melahirkan bangsa yang baik pula.  

Ucapan yang sama juga disampaikan oleh istri dari Sumarsono yang merupakan Pj Ketua Penggerak PKK Sulsel Raden Roro Tri Rachayu dan menekankan program dari BKKBN dengan program keluarga berencana dapat mewudkan keluarga sejahtera. 

“Dengan mengikuti program keluarga berencana kita wujudkan keluarga kecil,  bahagia dan sejahtera,” sebutnya. 

Baik Gubernur dan Ketua PKK Sulsel akan mendampingi Presiden Jokowi yang dijadwalkan akan mengikuti puncak peringatan Harganas XXV 2018 akan diselenggarakan di Kota Manado, Sulawesi Utara, pada 7 Juli 2018 mendatang.

Dari Sulsel, juga akan hadir sekitar 500 peserta. Peserta gabungan dari Provinsi dan Kabupaten/Kota seSulsel. 

“Selain Gubernur dan Ketua PKK Sulsel juga hadir rombongan Sulsel hampir 500 orang, termasuk juara-juara lomba tingkat Provinsi Sulsel,” kata Kepala BKKBN Provinsi Sulsel Rini Riatika Djohari.

Rini Riatika menjelaskan, para pemenang yang berangkat adalah pemenang dari lomba Pidato Kependudukan, lomba Motivator KB Pria, lomba karya tulis kependudukan, lomba Praktek Mandiri Bidan Terbaik, lomba Promosi dan Koseling KB Pasca Persalinan dan Pasca Keguguran di RS tipe C.

Selain itu, Juara Kader Bina Keluarga Balita, Kader Lansia, Kader Bina Keluarga Remaja, Penyuluh KB Terbaik, Penyuluh KB Non-PNS Terbaik, Pemenang KB Lestari 5 Tahun, 10 Tahun dan 15 Tahun.

Peserta dari Sulsel juga akan menampilkan karya-karya mereka yang terdiri dari Juara Kader Pengelola UPPKS ( Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera) dari Enrekang, Juara Kelompok PIK Remaja (Pusat Informasi dan Koseling) jalur masyarkat dari Kabupaten Bone, Juara PIK Remaja Jalur pendidikan dari Kab Bulukumba.

“Jadi juga yang kita bawa pameran adalah hasil-hasil karya dari peningkatan hasil pendapatan rakyat yang kita bina selama ini, seperti songkok to Bone, Dangke dan Kopi,  ini sekaligus kita promosi untuk Sulsel,” jelas Rini. 

Harganas sendiri memiliki tujuan untuk meningkatkan peran serta pemerintah dan pemerintah daerah, mitra kerja dan swasta, tentang pentingnya penerapan 8 (delapan) fungsi keluarga.

Kedelapan fungsi tersebut, diantranya, agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, dan  lingkungan. 

Serta pembentukan karakter sejak dini, guna mewujudkan pelembagaan keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera.

Terdapat empat konsep pendekatan keluarga yang digunakan pada Harganas XXV (25) 2018, yakni Keluarga Berkumpul, Keluarga Berinteraksi, Keluarga Berdaya dan Keluarga Peduli dan Berbagi.(*) 


BACA JUGA