Sibuk Dampingi Jokowi, Sumarsono Langsung Intruksikan Evakuasi KM Lestari Maju

Selasa, 03 Juli 2018 | 16:59 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR,GOSULSEL.COM — Kapal feri bernama KM Lestari Maju dikabarkan karam di perairan Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa, (3/7/2018). Kapal tersebut memuat penumpang beserta barang muatan.

Kapal ini merupakan kapal angkutan penyeberangan dari Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba ke Pelabuhan Pamatata, Selayar.

Namun, belum diketahui pasti berapa korban jiwa. Namun tim pertolongan dan bantuan telah ke lokasi.

Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono ditengah kepadatan agenda mendampingi Jokowi dalam kunjungan kerjanya selama dua hari langsung saat menerima informasi langsung menyampaikan harapannya agar para penumpang diberikan kemudah dan keselamatan.

“Semoga diberikan kemudahan dan keselamatan bagi mereka,” kata Soni Sumarsono.

Ia pun memberikan instruksi kepada kepada bawahannya untuk memberikan penangulangan dan pertolongan secepatnya. Bahkan pihak-pihak terkait didorong untuk menolong penumpang.

Melalui WA grup internal Ia memberikan intstruksi dengan yang diberi tajuk Laporan Informasi dan Arahan (LIA) Pj. GUB SULSEL, Sumarsono memberikan petunjuk dan arahan kepada Kepala BPBD Sulsel segera memberikan pertolongan pertama bagi kapal yang mengalami musibah.

Serta melalui Sekda Sulsel Toto, Sumarsono memberikan arahan juga kepada Bupati Kepulauan Selayar Basli Ali.

Semnatara itu, dari laporan Kepala BPBD Samsibar melaporkan :

Pada tanggal 03 Juli 2018, Pukul 13.48 wita, KMP Lestari Maju mengalami trabel di tengah lalu Route Pelabuhan Bira-Pamatata.

Kronologis kejadian Sbb :

1. Pada pukul 10.00 Wita, KMP Lestari maju berangkat dari pelabuhan Bira Kabupaten Bukukumba dengan tujuan Pelabuhan Pamatata Kabupaten Selayar.

2. Pada pukul 13.40 Wita mengalami troubel (air masuk ke dek lantai bawah) ditengah laut sehingga KMP Lestari Maju merapat ke Pantai Pabbadilan Desa Bungayya, Kecamatan Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar.

Penumpang sementara dievakuasi ke pantai Pa’baddilan, Desa. Bungayya, Kecamatan Bontomate’ne, Kabupaten Kepulauan Selayar.(*)


BACA JUGA