Pj Gubernur: KM Lestari Maju Sudah Tua & Dikeluhkan Masyarakat

Rabu, 04 Juli 2018 | 12:22 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,Gosulsel.com – Kapal Motor (KM) Lestari Maju yang kecelakaan di perairan Selayar, Sulsel mengangkut ratusan penumpang dari Pelabuhan Bira,Bulukumba menuju Pamatata, Selayar, ternyata kondisinya tua dan rusak. Ironisnya, masih tetap dipaksakan beroperasi melayani penyeberangan penumpang dan barang.

“Saya terima laporan dari Bupati Selayar kalau kapal fery tersebut sudah dalam kondisi tua. Harusnya tidak beroperasi lagi,” kata Pejabat Gubernur Sulsel Sumarsono kepada wartawan, Makassar, Selasa (3/7) malam.

Kapal ini, kata Sumarsono, sudah lama dikeluhkan kondisinya oleh masyarakat. Setelah proses pencarian dan penyelamatan selesai, akan dilakukan evaluasi terhadap semua pihak terkait mengenai kondisi kapal yang sudah tua.

“Jadi kondisi kapalnya memang sudah tua, jadi ketika dapat ketinggian ombak 2 hingga 2,5 meter, lambung kapal langsung bocor. Tadi juga sempat ada kapal nelayan berusaha menolong tapi kapal itu juga ikut tenggelam hanya saja tidak ada korban jiwa,” ujar Sumarsono.

Ditambahkan, kapal yang kena musibah ini dikarenakan lambung kapal bocor sehingga kemasukan air olehnya disengaja dikandaskan. Posisinya kini di dekat pelabuhan Pamatata, Selayar.

Sampai tadi malam update korban yang meninggal dunia sudah mencapai 29 orang. Sementara korban yang selamat dan dalam perawatan sekitar 34 orang.

“Sudah dievakuasi semua untuk data selanjutnya baru mau disingkronkan dengan laporan yang masuk karena masih ada yang belum ditemukan,” ungkap Sumarsono.(*)


BACA JUGA