Dosen Unibos Makassar Bersama Kepala Desa Membuat Selei Salak

Desa Katomporang dan Unibos Makassar Kembangkan Selei Salak

Kamis, 19 Juli 2018 | 15:13 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

Makassar, Gosulsel.com — Sebagai salah satu kegiatan pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya bidang Pengabdian Masyarakat, Dosen Universitas Bosowa (Unibos) kini bantu warga Desa Katomporang Kabupaten Pinrang untuk membuat selei salak, Kamis (19/07/2018). 

Selei salak yang dibuat sebagai brand pertama desa yang disapa sebagai lumbung salak ini dikoordinir oleh Dr. Abd. Haris Hamid (Dosen Fakultas Hukum Unibos sekaligus Wakil Rektor III) bersama Arief Wicaksono, S.Ip.,MA (Dosen dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unibos). 

pt-vale-indonesia

Pembuatan selei salak sebagai diversifikasi buah salak dipilih warga setempat sebagai salah satu komoditas unggulan di Kabupaten Pinrang dengan luas lahan 150 hm khusus dikelola untuk pengembangan salak. 

Wakil Rektor III Unibos, Dr. Abd. Haris Hamid mengungkapkan, ”Desa Katomporang memang memiliki potensi besar untuk diberikannya inovasi pengembangan salak. Sumber daya alam memang melimpah tetapi petani salak masih kurang mengembangkan potensinya dalam pengolahan salak. Sebab salak selama ini hanya dijual gelondongan yang kualitasnya hanya mampu bertahan beberapa minggu saja,” katanya. 

“Sebagai civitas akademika memang kami memiliki kewajiban untuk membantu pengembangan potensi masyarakat. Bukan buah salak yang dipetik langsung jual tetapi ada perubahan terhadap kualitas dan nilai jualnya,” tambahnya. 

Selain buah salak yang dapat diolah menjadi selei, juga dapat diolah menjadi makanan lainnya termasuk dodol salak, manisan salak, sebagai bahan kue, dan biji salak yang dapat dijadikan kopi khas. 

Untuk selei salak hanya membutuhkan bahan gula dan jeruk nipis yang diproses selama lima jam dan dapat bertahan selama enam bulan lamanya. 

Kepala Desa Katomporang menuturkan harapannya terhadap keberlanjutan program ini. “bisa kita jadikan ini deklarasi Desa Katomporang sebagai desa salak. Kami berharap juga dengan salak yang begitu melimpah disini bisa dikembangkan dalam rangka membantu pendapatan ekonomi masyarakat disni,” kata Rustam selaku Kepala Desa Katomporang.(*)