Kasus Narkoba Meningkat di Maros, Dispora dan Granat Sosialisasi Anti Narkoba

Senin, 23 Juli 2018 | 16:23 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

Maros, Gosulsel.com – Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Maros menggelar sosialisasi anti Narkoba di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 (SMANSA) Maros. Mereka menggandeng Satnarkoba Polres Maros bersama Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Maros sebagai pembicara. Sosialisasi ini digelar sebagai upaya untuk membentengi pelajar dari bahaya Narkoba.

Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Maros, Ansarullah mengatakan, sosialisasi anti Narkoba ini digelar sebagai bentuk kepedulian pemerintah khususnya Dispora atas bahaya dampak peredaran Narkoba di kalangan generasi muda. Menurutnya, negara yang sudah dalam kondisi darurat Narkoba harus segera dipulihkan oleh semua pihak.

“Kita sama-sama tahu, Narkoba ini merupakan ancaman serius bagi generasi bangsa kita. Jika kita tidak berbuat sekarang, 20 tahun kemudian bisa jadi bangsa ini akan menjadi bangsa pesakitan karena runtuhnya peradaban generasi muda saat ini,” katanya, Senin (23/7/2018).

Dalam sosialisasi itu, KBO Satnarkoba Polres Maros, Ipda Junardi menegaskan, angka kasus Narkoba yang ditangani oleh Polres Maros terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Maros yang dulunya hanya daerah transit peredaran Narkoba, saat ini sudah menjadi daerah tujuan peredaran Narkoba.

“Dulu itu Maros hanya sebagai daerah transit, tapi saat ini sudah menjadi daerah tujuan peredaran Narkoba. Faktanya, banyak warga Maros yang kita amankan baik sebagai pengguna, kurir maupun sebagai pengedar. Jelas ini mengkhawatirkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPC Granat Maros, Muhammad Bakri mengatakan, hantu yang paling menakutkan di zaman sekarang bukan lagi, pocong atau hantu lainnya. Melainkan kehadiran Narkotika yang seolah membayangi setiap langkah generasi muda. Jika tidak dilawan, hantu itu perlahan akan menggerogoti anak muda.

“Masyarakat khususnya sebagai generasi muda, harus mengambil peran melawan hantu itu. Jika tidak tunggulah saatnya, bisa jadi kita atau orang terdekat yang menjadi korbannya. Ingat, bagaimana sejarah membuktikan Cina bisa takluk ke Inggris dengan perang candu,” paparnya.

Selain sosialisasi anti Narkoba, Dispora Maros juga memberikan pembekalan kepada pelajar terkait kewirausahaan. Pelatihan ini diharapkan agar pemuda bisa mengisi hari-hari mereka dengan kegiatan positif dan produktif. Karena penyebab utama generasi muda terjerembab dalam narkoba salah satunya tidak ada wadah penyaluran kegiatan positif.(*)