Dinkes Sinjai “Jagokan” Inovasi MLM IVA SADANIS di KIPP 2018

Selasa, 24 Juli 2018 | 06:00 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Jakarta,GoSulsel.com – Kabupaten Sinjai mengikuti Kompetisi Inonasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2018 di kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Senin 23 Juli 2018.

Sinjai mengusung inovasi Multi Level Marketing Visual Asam Asetat dan Pemeriksaan Payudara Klinis (MLM IVA SADANIS) yang diberi tagline “Satu Wanita Menyelamatkan Wanita Lainnya”.

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa mengatakan, ide inovasi MLM IVA SADANIS diawali tahun 2016 saat ditemukan Wanita Usia Subur (WUS) usia 20 tahun yang positif IVA di Desa Aska Kecamatan Sinjai Selatan, dan kasus kematian 3 WUS karena kanker payudara pada tahun 2015.

“Karena itulah pada Oktober 2016 inovasi ini mulai diterapkan dengan menggunakan sistem Multi Level Marketing dimana satu wanita yang sudah menjalani pemeriksaan IVA Sadanis mengajak dua wanita lainnya untuk melakukan pemeriksaan serupa, sehingga selanjutnya membentuk jejaring,” kata Suriyanto Asapa, di Jakarta, Senin 23 Juli 2018.

Menurut dr. Dedeth, sapaan akrab Suriyanto Asapa, pada tahun 2017 Dinas Kesehatan Sinjai melalui inovasi Rumah Tunggu Kelahiran BAHARI lolos hingga TOP 40. “Semoga inovasi MLM IVA SADANIS ini bisa lebih baik lagi dan lolos sampai TOP 15,” harapnya.

Inovasi MLM IVA SADANIS dipresentasekan Wakil Bupati Sinjai, Andi Fajar Yanwar di Kantor Kemenpan RB. Selain wakil bupati dan kadis kesehatan Sinjai, turut hadir dalam pemaparan inovasi itu yakni Sekretaris Dinkes Sinjai Irwan Suaib, Kabag Organisasi serta bidan koordinator Puskesmas Aska yang merupakan pencetus inovasi MLM IVA SADANIS.(*)