Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Gowa, Muhammad Yusuf

Kadis Koperasi dan UMKM Gowa: Sektor Perdagangan Paling Berperan Dalam Perekonomian di Gowa

Selasa, 24 Juli 2018 | 13:33 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — Sektor Perdagangan menjadi sektor yang yang paling berperan penting dalam peningkatan perekonomian di Kabupaten Gowa, jika dibandingkan dengan sektor jasa dan produksi.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Gowa, Muhammad Yusuf, Selasa (24/7/2018).

“Para pedagang pelaku UKM inilah yang kami fasilitasi berupa pemberian peralatan, disamping pelatihan bagi mereka UKM-UKM. Supaya ini lebih cepat tumbuh dan berkembang sehingga harapan kita UKM itu nantinya memiliki tenaga-tenaga kerja. Itulah yang kita kembangkan, dan mereka bisa membuka peluang kerja juga bagi orang lain,” jelas Yusuf.

Lebih lanjut, menyikapi tantangan kedepan, mengingat banyaknya perusahaan-perusahaan besar yang semakin meramaikan jagad perekonomian di Gowa, Yusuf mengatakan tidak ada jalan lain selain peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kalau SDM ini dimiliki dan lebih disadari, saya kira dengan harga terjangkau dan tidak perlu mahal tetapi omsetnya jauh lebih bagus, kemudian penjualannya juga bagus. Apapun alasannya, saya kira SDM harus dapat mengelola UKM secara dinamis,” terangnya.

Yusuf berharap, kedepannya visi dan misi bupati ini lebih sukses, dan memiliki sumber daya yang memadai.

“Dengan adanya sumber daya yang memadai, akan lebih mengunggulkan UKM yang ada, kemudian masyarakat menggunakan perbankan untuk keberanian memodali SDM yang ada agar UKM tersebut lebih mandiri, dan kita juga berharap ada kemajuan target dari tahun ke tahun,” harapnya.(*)