Amankan Jalannya Kirab Obor Asian Games 2018, Dishub Makassar Siapkan 100 Personil

Kamis, 26 Juli 2018 | 22:43 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Makassar, Goseulsel.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar menyiapkan 100 orang personilnya untuk mengamankan jalannya kirab Obor Asian Games XVIII tahun 2018 yang akan digelar pada Sabtu – Minggu (28-29/7/2018).

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Makassar, H.Muhammad Mario Said.,S.IP.M.Si. saat dihubungi melalui sambungan telepon oleh Gosulsel.com.

“Jadi kami Dinas Perhubungan Kota Makassar mempersiapkan 100 pesonil untuk mengantisipasi kemacetan yang akan di lewati obor Asian Games tahun 2018 di Makassar,” ungkapnya, Kamis (26/7/2018).

Ia juga menjalaskan bahwa pihaknya akan tetap berkordinasi dengan kepolisian Polrestabes Makassar untuk pengamanan arak-arakan obor Asian Games XVIII pada tanggal 28 sampai 29 Juli 2018 mendatang.

Selain itu, Muhammad Mario Said juga menjelaskan bahwa obor Asian Games XVIII tahun 2018 akan diarak selama dua hari di Sulawesi Selatan.

Hari pertama tanggal 28 Juli Obor Asian Games Akan tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin kemudian masuk ke Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Urip Sumoharjo, terus ke Jalan AP Pettarani, kemudian Jalan Sultan Alauddin lanjut ke Gowa lalu menuju Bulukumba,

Sedangkan untuk hari kedua, yaitu hari Minggu tanggal 29 Juli obor akan di arak dari Bulukumba ke Makassar, menuju Pelabuhan Soekarno Hatta, Anjungan Pantai Losari dan kemudian Finish di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel.

“Jadi kita terima nanti di Perbatasan kota Makassar dan Gowa, lalu menuju jalan Sulta Alauddn kemudian Jalan AP Pettrarani, masuk Tol Revormasi dan ke dermaga atau Pelabuhan Soekarno Hatta,” lanjutnya.

Lanjutnya, apabila berada di pelabuhan Soekarno Hatta, obor Asian Games 2018 direncanakan akan menaiki kapal dari Dewa Ruci ke Lantamal. Kemudian kembali diarak di jalan Satando, untuk dibawa ke Pantai Losari kota Makassar.

‚ÄúDilanjutkan di jalan Satando Kiri Nusantara, depan Benteng rotterdam, Jalan Pattimura, Jalan Benteng Somba Opu, Jalan Datu Musseng, Jalan Madukellenv, Jalan Haji Bau, Penghibur dan finihs di Anjungan Pantai Losari,” tambahnya.

Setelah pantai losari, rombongan arak – arakan akan bergeser menuju rumah jabatan Gubernur dengan melewati jalan Penghibur, Pasar Ikan, Ujung Pandang, Jalan Ahmad Yani, Jalan Jendral Sudirman munuju Jalan Khairil Anwar Bontolempangan, Jalan Karunrung, jalan Arif Rate, Hasanuddin, Jalan Sawerigading, Jenderal Sudirman dan finishnya pas Rumah Jabatan Gubernur.

“Nah ini lah nanti rute – rute yang akan berkolaborasi dengan kepolisian lalu lintas dari polrestabes Makassar dan Dinas Perhungan Kota Makassar untuk pam jalur. Agar tidak terjadi kemacetan begitupun dengan pengendara – pengendara yang harus kita atur supaya tidak terhalang rombongan arak – arakan obor Asian Games tahun 2018,” tandasnya.(*)