Dr Lula Kamal Dalam Peluncuran Asuransi Zurich Principle Care di Hotel Melia Makassar

Dr Lula Kamal: Saat Ini Penyakit Kritis Tidak Terbatas Pada Usia Tua

Kamis, 26 Juli 2018 | 15:28 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Indra Ahmad - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com — Penyakit kritis saat ini telah menjadi ancaman besar bagi generasi muda, khususnya di Indonesia. Karena penyakit kritis merupakan salah satu penyebab kematian.

Dokter sekaligus artis, Dr Lula Kamal dalam peluncuran asuransi Zurich Principle Care di hotel Melia Makassar, Kamis (26/7/2018) mengatakan saat ini ada 3 penyakit kritis yang menyebabkan kematian yaitu penyakit kardiovaskular, kanker, dan diabetes.

“Saat ini penyakit kritis tidak terbatas pada mereka yang berusia tua. Generasi produktif di daerah urban dan sub – urban turut memiliki potensi lebih tinggi akan penyakit kritis karena stress level dan gaya hidup,” terangnya.

Kementerian Kesehatan di tahun 2016 pun mengklaim bahwa penyakit kritis telah menyerap anggaran tinggi sekitar Rp 1,69 triliun atau 29,67% dari total anggaran nasional.

“Selain risiko kematian yang tinggi, penyakit kritis juga dikenal memiliki biaya medis yang tinggi, sebagai contoh biaya perawatan penyakit kanker tiap bulannya bisa mencapai ratusan juta,” jelasnya.

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), di tahun 2015 sedikitnya lebih dari 48 ribu orang meninggal dunia setiap harinya karena penyakit kardiovaskular.(*)