Pelepasan Bansos Rastra Kabupaten Gowa Tahun 2018

Tercatat 32.195 KK di Gowa Penerima Bansos Rastra 2018

Kamis, 26 Juli 2018 | 14:19 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — Sebanyak 32.195 Kepala Keluarga (KK) di 18 kecamatan di Kabupaten Gowa tercatat sebagai peserta penerima Bantuan Sosial (Bansos) Beras Sejahtera (Rastra) pada 2018. 

Pada tahun ini Program Bansos Rastra kembali ditandatangani oleh seluruh Dinas Sosial di Indonesia selaku sekretaris tim koordinasi Kabupaten yang diketuai oleh sekda masing-masing kabupaten/ kota. 

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Syamsuddin Bidol mengatakan di Kabupaten Gowa saat ini Bansos Rastra telah tersalur selama tujuh bulan. 

Saat ini, beras yang sedang tersalur yakni beras pada bulan Mei, Juni dan Juli. 

“Di Bajeng dan Bajeng Barat pada Jumat dan Sabtu pekan lalu, Senin kemarin Pattalassang, dan itu berturut-turut dataran rendah selama sepekan terakhir,” ujar Syamsuddin, Kamis (26/7/2018).

Kendati, kata Syamsuddin masih ada beras pada bulan April yang belum tersalur sebagian karena adanya masalah di Satker Dolog.

Agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan masyarakat terkait adanya keterlambatan beras bulan April, maka Syamsuddin menjelaskan SOP Program Bansos Rastra tersebut. 

Dimana, berdasarkan SOP, pihak Pemda bekerjasama dengan pihak Dolog untuk perencanaan jadwal. Setelah jadwal ditandatangani itu menjadi rujukan dari pengantar beras dan menjadi acuan bagi camat dan lurah, terkait jadwal kedatangan beras tersebut. 

“Ketika beras telah diturunkan pada Januari, Februari, Maret itu sudah sampai, begitupun dengan Mei, Juni, Juli yang saat ini sedang berproses, namun Aprilnya yang bermasalah karena berasnya belum sampai sebagian,” jelasnya.(*)