Satu-satunya di Sulsel, Disdukcapil Gowa Akan Terbitkan 30.000 Keping KIA

Selasa, 31 Juli 2018 | 15:03 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — Kabupaten Gowa pada 2018 ini telah memenuhi target nasional dalam rangka kepemilikan capaian Akta Kelahiran hingga 91,74%.

Di Sulawesi Selatan sendiri, Kabupaten Gowa merupakan satu-satunya kabupaten/kota yang diberikan oleh pusat berupa reward dengan memberikan blangko Kartu Indentitas Anak (KIA) sebanyak 30.000 keping. 

“Pelaksanaan penerbitan KIA ini telah berjalan sejak awal bulan Juli, dan kemarin pada saat bersamaan dengan Hari Anak Nasional, kami menerbitkan sebanyak 100 keping KIA untuk anak-anak TK dan SD di Kabupaten Gowa,” jelas Ambo, Kepala Disdukcapil Gowa.

Lanjut Ambo menuturkan, di 2018 ini pihaknya juga akan menuntaskan 30.000 keping KIA tersebut.

“Kita mendata anak-anak melalui sekolah-sekolah supaya lebih terkoordinir,” ujarnya. 

Keistimewaan dari pemegang KIA ini yakni, anak-anak akan mendapatkan diskon dari beberapa wahana bermain yang ada di Kabupaten Gowa, toko buku Gramedia, dan pihak Giant melalui Dinas PTSP Gowa. 

“Termasuk di Beckham 18 ini untuk wahana waterboomnya ada diskon di atas 20 persen,” kata Ambo. 

Bagi anak-anak yang akan mendaftarkan diri sebagai pemegang KIA, ada beberapa ketentuan atau syarat yakni fotokopi akta kelahiran, fotokopi Kartu Keluarga, dan KTP-el milik orangtua. 

“Kami selama ini hanya mendata melalui sekolah SD dan SMP, dan yang belum sekolah, silahkan datang ke Capil bawa persyaratannya, harus KK asli supaya bisa kita cek keaslian datanya,” terang Ambo. 

Untuk mendapatkan KIA, Ambo menegaskan seluruh proses pendaftarannya gratis.(*)


BACA JUGA