Sekda Pastikan Stok Gabah Bisa Penuhi Kebutuhan Warga di Gowa

Rabu, 01 Agustus 2018 | 16:18 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, GoSulsel.com — Sekretaris Daerah Gowa, H Muchlis menghadiri pertemuan koordinasi ketersediaan dan distribusi pangan tingkat Kabupaten Gowa.

Giat ini dihadiri Muchlis sekaligus menjadi narasumber yang berlangsung di Aerotel Smile Hotel Makassar. 

Giat ini digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Gowa, dan giat ini juga dihadiri oleh beberapa Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan lintas sektor SKPD Kabupaten Gowa.

Dalam kesempatan tersebut, H Muchlis mengatakan, berdasarkan hasil pantauan dan analisis data, ketersediaan bahan pokok di Kabupaten Gowa masih surplus. 



Hal ini ditinjau dari hasil Neraca Bahan Makanan (NBM) pada 2017 lalu.

“Dari NBM tahun lalu hasil produksi dikonversi kebutuhan kalori memenuhi kebutuhan perkapita per hari yakni 5.561 kkal. Sementara anjuran kecukupan kalori untuk orang indonesia hanya 2.150 kkal berarti surplus yang diperoleh¬† 258,7%,” rinci Muchlis.

Tak hanya itu, Sekda Gowa juga menuturkan, atas instruksi Kementerian Pertanian, komoditas padi di Kabupaten Gowa dilakukan pendataan terhadap stok gabah dan beras di 33 buah penggilingan pada 18 kecamatan.

“Kalau dari dari hasil pemantauan menunjukkan bahwa stok gabah Kabupaten Gowa dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan volume sekitar mencapai rata -rata 450 kg per hari ditiap penggilingan,” jelas Muchlis.(*)


BACA JUGA