Siswa Penghina Sumpah Pemuda, Polisi Kembalikan RM ke Orangtuanya

Kamis, 02 Agustus 2018 | 16:53 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — Setelah sebelumnya viral di sosial media, kasus siswa yang seolah-olah menghina Sumpah Pemuda dalam unggahan video telah ditangani Polres Gowa, hari ini Siswa SMA 4 Gowa RM (17) dikembalikan kepada kedua orangtuanya.

Sebelumnya, video RM sempat viral di sosial media, karena tingkahnya yang seolah-olah menghina Sumpah Pemuda.

Hal tersebut dilakukan setelah Polres Gowa melakukan serangkaian pemeriksaan.

“Dalam konteks pemeriksaan tersebut, terbukti RM tidak memiliki niat untuk melakukan perilaku tersebut, melainkan situasilah yang memncing dia melakukan hal tersebut. Sehingga dianggap sebagai sebuah reaksi atas lelucon yang disampaikan teman-temannya,” jelas Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga.



Tak hanya itu, dalam proses pemeriksaan, Kapolres telah memberikan pemahaman terkait dampak yang akan dihadapi dalam penegakan hukum.

“Sehingga dengan pendekatan melalui orangtuanya, dan respon cepat juga dari kepala sekolah, hari ini kita berbesar hati mendengar permintaan maaf dari RM bahkan dari orangtuanya, dan juga harapan dari Kepala Sekolah,” tuturnya.

Selain itu, upaya ini dilakukan demi masa depan RM, sehingga pihak Polres mencoba untuk mendiversikan atau mengutamakan secara persuasif pembinaan dari kedua orangtua dan sekolah.

Sehingga Pemeriksaan ini untuk sementara cukup sebagai Bank Data untuk Kepolisian Polres Gowa, dan tak sampai disitu pihak Polres akan terus melakukan pemantauan terhadap RM. (*)


BACA JUGA