GPN Resmi Diluncurkan, Walikota Danny Himbau Semua Jajarannya Lakukan Pergantian Kartu ATM

Minggu, 05 Agustus 2018 | 14:37 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Indra Ahmad - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com — Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menghadiri launching dan kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang dilaksanakan serentak oleh Bank Indonesia (BI) di 17 titik di Indonesia. Salah satunya di Kota Makassar.

Peluncuran GPN hari ini merupakan tindak lanjut dari “Soft Launching Logo GPN” pada tanggal 4 Desember 2017 dan “Peluncuran Bersama Kartu Berlogo GPN” pada tanggal 3 Mei 2018. 

pt-vale-indonesia

GPN dapat memulai implementasi secara penuh dan digunakan secara luas oleh masyarakat berkat kerja sama yang harmonis dan sinergi yang telah dibangun Bank Indonesia dengan industri sistem pembayaran, serta dukungan dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. 

Untuk itu, Danny berkomitmen untuk segera menghimbau semua jajarannya mulai dari Aparatur Sipil Negara (ASN), tenaga kontrak, RT/RW, Penasehat Wali Kota dan LPM agar segera mengganti kartu ATM lamanya menjadi baru dengan berlogokan GPN.

“Kita semua tentu menyadari, bahwa setiap aktivitas ekonomi kita sehari-hari tidak terlepas dari transaksi menggunakan alat pembayaran, baik tunai maupun non tunai. Jadi besok itu, 18 ribu pegawai di Pemkot Makassar termasuk 10 ribu tenaga kontrak dan perawat akan melakukan pergantian ATMnya,” ucap Danny, Minggu (6/8/18) di Anjungan Pantai Losari.

Sementara, Kepala Perwakilan BI Sulsel, Bambang menambahkan diluncurkannya GPN merupakan suatu terobosan dalam Sistem Pembayaran Indonesia dengan menghilangkan fragmentasi melalui interkoneksi dan interoperabilitas antar Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). 

“Seiring dengan penggunaan GPN yang semakin luas, efisiensi yang ditimbulkan bagi perekonomian nasional tentunya akan semakin besar,” ujarnya.

Adapun dampak positif yang diharapkan dari implementasi  GPN antara lain mendorong sharing infrastructure, sehingga utilisasi terminal ATM/EDC dapat meningkat dan yang berlebih dapat direlokasi ke daerah yang  kekurangan. 

Tak hanya itu, GPN juga dapat mengurangi kompleksitas koneksi dari sebelumnya bilateral antar pihak, menjadi tersentralisasi kepada GPN. 

Masyarakat dapat bertransaksi dari bank manapun, dengan menggunakan instrumen dan kanal pembayaran apapun.  Efisiensi nasional akan tercipta dari skema harga yang lebih kompetitif. Melalui GPN, akan terdapat penurunan Merchant Discount Rate (MDR) dari semula 1,6-2,6% menjadi 0-1%, yang akan menghemat biaya mencapai Rp17 miliar per hari. 

“Selain itu, GPN juga dihadirkan sebagai backbone strategis untuk memberikan dukungan penuh kepada program-program pemerintah. Termasuk diantaranya penyaluran bantuan sosial non tunai,” jelasnya.

Rencananya, hari kedua pekan kampanye GPN akan dilaksanakan di Area Kantor Balaikota Makassar, kemudian hari berikutnya sampai dengan 10 Agustus 2018 penukaran kartu dapat dilakukan di kantor cabang masing-masing Bank. (*).