KM Citra Harapan Tenggelem di teluk Bone, Begini Kronologisnya

Minggu, 05 Agustus 2018 | 22:04 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Bone, Gosulsel.com – Belum lepas dari ingatan kita peristiwa tenggelamnya kapal motor(KM) Lestari Maju di perairan Selayar, Sulawesi Selatan, Kini perhubungan laut kembali mengalami musibah.

Kali ini Kapal motor (KM) Citra Harapan yang mengalami nasib nahas di perairan teluk Bone. Kapal dengan jenis GT 112 ini tenggelam saat betolak menuju Pelabuhan Sikeli, Sulawesi Tenggara.

Dihubungi via telepon Kepala Unit Penyeklenggara Pulabuhan (UPP) Bajoee Muhammad Asgar, SH menjelaskan bahwa KM Citra Hrapan bertolak dari pelabuhan Bajoe, Minggu (5/8/2028) dini hari sekitar pukul 04.15 menuju Pelabuhan Sikeli.

“Sekitar 05.30 kapal tiba – tiba oleng dan miring, air laut masuk ke kapal dan tidak bisa dikuasai sehingga mengakibatkan mati mesin,” ungkapnya.



Sementara itu, dari data yang diperoleh dari Kepala UPP Bajoe, Kapal tersebut memuat beras 17 ton, barang campuran 2.500 Dos/Potong, Besi Beton 500 batang, telur 40 ikat dan motor 3 unit.

lanjut Asgar, sekitar 06.20 team bantuan sudah sampai di lokasi yang terdiri dari basarnas bone, Syahbandar (UPP) Bajoe, Polair Polres Bone, dan KLM Mega MuLia, kapal nelayan dua unit untuk mengevakuasi ABK kapal dan muatan yang bisa diselamatkan.

Terkait penyebab kecelakaan Muhammad Asgar menjelaskan bahwa pada saat berlayar tiba – tiba kemudi macet dan tidak bisa dikendalikan. beruntung dalam kedian tersebut tidak ada korban jiwa.

“Alhamdulillah tidak adaji korban jiwa, namun sebagian barang tidak bisa diselamatkan termasuk kapal yang rencana mau kami tarik ke pelabuhan,” jelasnya.(*)


BACA JUGA