Tahun Ini Sulsel Terima 5 Unit Bantuan Kapal Laut

Rabu, 08 Agustus 2018 | 14:52 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Tahun ini sektor perhubungan laut Sulawesi Selatan patut bergembira. Pasalnya tahun ini Sulsel akan kembali memperoleh 5 unit kapal dari Kementrian Perhubungan RI.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Pelayaran Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Ir. H. Muh Arafah Palu. Di depan seratusan peserta, Arafah mengungkapkan tahun ini Kemenhub RI akan kembali memproduksi 100 kapal dan 5 lima diantaranya akan diserahkan ke Sulsel.

“Mungkin ini kabar baik bagi kita semua tahun ini pengadaan kapal dari Kementrian 100 perla dengan anggaran Rp 3 miliar, dan kita dapat 5 kapal,” ungkap Arafah.

Lanjut Arafah, mengingat jumlah pulau yang ada di Sulsel ada ratusan, maka pihaknya akan tetap berusaha agar kapal untuk Sulsel bisa ditambah. Karena menurutnya 5 kapal tersebut belum biasa memenuhi kebutuhan penyebarangan antar pulau tersebut.



“Karena kita banyak pulau saya kira kalau mau kasi kapal jangan setengah – tengah kalau perlu dua puluh. Nanti kami akan coba komunikasikan ke pak Gubernur bagaimana beberapa kapal bisa dialihkan ke Sulsel,” lanjutnya.

Diketahui beberapa waktu lalu, Sulsel sudah menerima bantuan kapal 3 unit dari Kemenhub RI melalaui anggaran tahun 2017. Penyerahan berlangsung di Kantor Otoritas Pelabuhan Makassar oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi.(*)