Komunitas Motor Syariah Kini Hadir di Makassar, Drivernya Perempuan

Sabtu, 11 Agustus 2018 | 13:12 Wita - Editor: Baharuddin -

Makassar,GoSulsel.com – Sukses di Maros, Komunitas Motor Syar’i (Komori) kini merambah Makassar. Komori ini merupakan penyedia transportasi online drivernya perempuan.

Salah satu founder sekaligus kondinator Komori Makassar,Ervinawati mengungkapkan, susahnya teman wanita yang baru hijrah mendapat transportasi syar’i menjadi penyebab terbentuknya komunitas tersebut.

“Awalnya karena ingin membantu teman yang risih jika drivernya laki-laki, jadinya Kami mulai melaksanakan rencana ini,” kata Ervi saat dikonfirmasi pada, Jumat (10/8/2018).

Wanita lulusan SMK 1 Sinjai jurusan administrasi perkantoran ini menyebutkan, hingga kini jumlah driver yang tercatat 30 orang.

Kendala yang dihadapi Komori saat ini adalah belum adanya aplikasi online yang mengatur transaksi tersistem, jadi hingga kini driver bekerja secara personal dan tidak terikat dengan komunitas.

“Karena belum tersistem dengan aplikasi khusus, driver yang mendaftar kami hanya fasilitas untuk memberi kontak pelanggan,”jelasnya.

Sementara itu, Nanno yang merupakan salah satu driver mengaku bahwa selain membantu finansial, Ia dapat memudahkan wanita untuk terikat dengan Islam saat berkendara.

“Saya bisa nambah bayar kuliah per semester sekaligus membantu saudara agar tidak diboceng laki-laki,”ungkapnya saat dihubungi GoSulsel.com.

Ervi menyatakan, masih banyaknya permintaan bergabung  sebagai driver, namun Komori saat ini belum menerima driver yang ingin bergabung karena masih harus memperbaiki sistem dan perjanjian agar legal dan bisa tetap Syar’i.

“Masih banyak yang ingin gabung, tapi Kami masih tutup ini, karena masih memikirkan masalah aplikasi dan perjanjian dengan driver supaya legal ki dan tetap syar’i,”tuturnya.

Di Makassar sendiri, Komori belum genap dua bulan di Makassar.(*)

Reporter: Muttamainnah/GoSulsel.com