Dinkes Makassar Sidak Apotik Nakal dan Tak Punya Izin

Senin, 13 Agustus 2018 | 17:58 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Indra Ahmad - Go Cakrawala

Makassar,Gosulsel.com– Dinas Kesehatan Kota Makassar mengelar sidak disejumlah apotek. Dari sidak ini petugas menemukan apotek nakal hingga tak memiliki izin.

Kabid Pengembangan Sumber Daya, Dinas Kesehatan Kota Makassar, Irma Haddade mengatakan razia ini sudah menjadi rutin bagi Dinas Kesehatan Makassar untuk melihat dan memastikan kondisi apotek di Makassar aman. Namun berdasarkan sidak tersebut, masih banyak apotik yang bermasalah lantaran tak sesuai dengan standar apotek.

“Kita sidak tadi itu didekat stadion kita temukan apotek tidak sesuai standar, masa obat dicampur dengan makanan dalam lemar es. Terus itu juga dapurnya berdekatan dengan ruang racik obat, ituman tidak boleh,” kata Irma, Senin (12/8/2018).

Parahnya, kondisi ruangan obat yang panas menjadi permasalahan disejumlah apotik yang ada.

“Harusnyakan itu tempat obat dingin harus ber AC, tidak bisa panas karena itu obat,” jelasnya.

Selain menemukan apotek yang tak sesuai standar, petugas juga kembali menemukan apotek yang masih beroperasi meski telah dilakukan penyegelan sebelumnya.

“Ini apotek sudah disegel sebelumnya, karena surat suratnya tidak lengkap, malah mereka nekat membuka kembali. Artinya lengkapi dulu ijin baru buka kembali, kan tidak boleh, karena sebelumnya ada temuanki,” terangnya.

Dinas Kesehatan Makassar berharap semua apotek di Makassar harus standar sesuai aturan yang berlaku, memiliki ijin dan tak menjual obat daftar G.(*)