Pemkab Maros Gelar Pelatihan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan

Senin, 13 Agustus 2018 | 15:30 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

Maros,GoSulsel.com – Pemkab Maros menggelar pelatihan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), di Baruga B Kantor Bupati Maros, Senin (13/8/2018).

Pelatihan ini diikuti 100 orang yang merupakan para kepala seksi pelayanan umum dan dua orang staf untuk kecamatan serta para sekretaris lurah dan kepala seksi pemerintahan untuk kelurahan se Kabupaten Maros.

Pelatihan dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Maros, Baharuddin, yang sekaligus menyampaikan materi terkait pelaksanaan PATEN untuk kecamatan di Maros. Pemateri lain dalam pelatiha ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Maros, Dr Nasiruddin dan Sekretaris Kecamatan Moncongloe Maros, Muh Yusuf Halim.

Baharuddin mengemukakan, PATEN merupakan penyelenggaraan pelayanan publik di kecamatan sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan cara menjadikan kecamatan sebagai pusat sekaligus simpul pelayanan masyarakat, sehingga akan terbangun pelayanan yang cepat, tepat, murah dan terjangkau.



“Karena kita perlu perhatikan kebutuhan dan keinginan masyarakat, maka pelatihan ini merupakan bagian dari upaya tersebut. Mencapai peningkatan kualitas pelayanan publik melalui keberadaan pelayanan terpadu di kecamatan untuk memudahkan masyarakat,” jelasnya.

Ditambahkannya, kecamatan merupakan perpanjangan tangan pemerintah kabupaten, fungsi dan bentuk pelayanannya harus bersinergi, profesional dan merata. Mewujudkan kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat, dan menjadi simpul pelayanan bagi kantor pelayanan terpadu satu pintu di kabupaten. Apalagi bagi kecamatan yang secara geografis jauh dari ibukota kabupaten, akan lebih efektif dan efisien dilayani melalui kecamatan, baik secara jarak maupun waktu dan dapat terukur dengan jelas.

Pelaksana kegiatan, Kabag Pemerintahan Setda Maros, Muh Hatta mengemukakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Maros, khususnya yang ada di kecamatan dan kelurahan dalam merespon dinamika perkembangan penyelenggaraan pemerintahan daerah untuk menuju tata kelola pemerintahan yang baik.

“Pelatihan ini juga untuk mengoptimalkan peran kecamatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, pelaksanaan paten di kecamatan diharapkan adanya komitmen untuk memberika pelayanan publik yang prima dan berkualitas serta adanya dukungan dari masyarakat,” ungkapnya.

Sementara seorang peserta, Seklur Soreang Lau, Ilham Halimsyah menilai pelatihan ini penting bagi aparatur pemerintahan di tingkat kecamatan dan kelurahan, sebagai aparatur yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Dengan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan, akan lebih optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.(*)