Tanamkan Jiwa Patriotisme, SMP Kemala Bhayangkari Ajak Siswa Berkemah

Senin, 13 Agustus 2018 | 14:59 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Pramuka SMP Kemala Bhayangkari, Makassar menggelar perkemahan di Kompleks SMP Kemala Bhayangkari 01 Makassar. kemah dilakukan selam 3 hari Jumat – Minggu (10-12/8/2018).

Pembina Pramuka SMP Kemala Bhayangkari, Imam Permana mengatakan, perkemahan tersebut digelar sebagai bentuk ralisasi K13 tentang Eskul wajib sekolah yang salah satunya adalah eskul pramuka.

“Ini sebagai bentuk realisasi K13 yang menuntut Pramuka Wajib terutama bagi kelas VII ssbagai siswa baru.Perlu diketahui bahwa ada 3 sistem pelaksanaan pramuka wajib, dimana salah satunya adalah sistem Blok, yaitu melakukan perkemahan selama minimal 36 jam” ungkapnya.

Lebih dari itu, menurut Imam Permana melalui perkemahan tersebut ada sesuatu yang ingin dibentuk pada karakter dan sikap siswa tersebut. Bukan hanya untuk memenuhi kurikulum semata.



“Tapi pada intinya perkemahan ini untuk membentuk manusia yang berkualitas dan dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan, kemandirian dan patriotisme bagi siswa,” lanjutnya.

Ia juga menambahkan perkemahan yang diikuti 230 siswa kelas VII SMP Kemala Bhayangkari tersebut diisi dengan berbagai kegiatan menarik. Seperti pemberian materi dan sejumlah permainan agar tidak membosankan.

“Ada beberapa materi yang kami berikan seperti pengetahuan tentang pramuka, baris berbaris dan di setiap materi itu kami selipkan permainan agar tidak membosankan,”katanya.(*)