Pedagang Pernak-pernik HUT RI di Sepanjang Jalan AP Pettarani Makassar

Jual Pernak-pernik HUT RI, Pedagang Ini Raup Untung Puluhan Juta

Kamis, 16 Agustus 2018 | 15:20 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

Makassar, GoSulsel.com — Umbul-umbul merah putih terpantau sudah mulai menghiasi pinggiran jalan AP Pettarani Makassar, semenjak 3 pekan terakhir. Seperti biasa, pada bulan Agustus setiap tahunnya, muncul penjual umbul-umbul merah putih. Penjual musiman tersebut mengambil kesempatan untuk meraup untung di bulan yang disebut bulan merdeka ini.

“Ini sekali setahun ji, jadi menjual maki’ sambil jual minuman dingin ka’ juga,” kata salah seorang penjual umbul-umbul di wilayah ujung jalan AP Pettarani.

Sementara itu, ditanya soal omset yang didapatkan dari penjual umbul-umbul, Haniah mengungkapkan bahwa untung yang didapatkan bisa sampai puluhan juta. Penjual umbul-umbul merah putih di pinggiran jalan depan Hotel Claro tersebut menyatakan bahwa dirinya telah 5 tahun menjadi penjual umbul-umbul musiman.

Namun, tahun ini ia menaksir omsetnya tidak akan sampai puluhan juta seperti tahun sebelumnya karena kurangnya pesanan umbul-umbul merah putih yang berasal dari Bandung tersebut.



“Tempat saya ambil barang di Kerung-kerung, na kurangi pesanan Bendera, karena dilihat kayaknya tidak banyak laku tahun ini, jadi sedikit ini didapat untung,” taksir Haniah.

Harga bendera berkisar Rp 20.000-Rp 35.000 untuk jenis kecil, sedangkan ukuran panjang untuk tiang seharga Rp 50.000. Sementara untuk jenis bendera kipas sepanjang 10 meter berharga Rp 300.000.

“Yang lebih banyak laku itu bendera kecil yang harga Rp 35.000,” tambah Haniah.

Diketahui, penjual umbul-umbul ini masih akan menjajakan dagangannya hingga H+3 17 Agustus-an.(*)

Reporter: Mutmainnah/ GoSulsel.com