#

Bupati Bulukumba Ziarahi Makam Kakeknya, Pahlawan Nasional H. Sulthan Daeng Radja

Jumat, 17 Agustus 2018 | 20:50 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

Bulukumba, GoSulsel.com — Sudah menjadi rutinitas setiap peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI, dilaksanakan ziarah ke Makam Pahlawan, sebagai bentuk penghargaan kepada jasa para pahlawan, baik yang merebut kemerdekaan maupun berjuang mempertahankan kemerdekaan.

Seperti pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 tahun 2018, Bupati bersama rombongan melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Taccorong dan Makam Pahlawan Nasional H Andi Sulthan Daeng Radja di Ponre Kecamatan Gantarang. 

pt-vale-indonesia

Di Makam Pahlawan Nasional ini Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali menjadi inspektur upacara, sekaligus meletakkan karangan bunga di Makam H Andi Sulthan Daeng Radja yang juga merupakan kakek dari Bupati Bulukumba dua periode ini.

Menurut AM Sukri Sappewali, ayahnya yang kerap disapa “Karaengta” merupakan anak dari H Andi Sulthan Daeng Radja adalah Karaeng Gantarang yang terakhir, karena setelah kemerdekaan, wilayah Gantarang menjadi wilayah distrik kecamatan.

H Andi Sulthan Daeng Radja lahir 20 Mei 1894 dan wafat pada 17 Mei 1963. Diangkat menjadi pahlawan nasional pada 3 November 2006, saat itu AM Sukri Sappewali menjadi Bupati Bulukumba untuk periode pertamanya.

Selesai ziarah dari Makam Pahlawan Nasional H Andi Sulthan Daeng Radja, Bupati Bulukumba kembali menuju Lapangan Pemuda untuk memimpin upacara penurunan Bendera Merah Putih, tepat pukul 17.00 WITA. (*)

Kontributor: Asmaun/ GoSulsel.com