Tumbuhkan Nasionalisme Pelajar, OSIS SMAN 6 Gowa Gelar Lomba Lagu Kebangsaan

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 23:13 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Rusli - GoCakrawala

Gowa, GoSulsel.com — Suasana aula SMA Negeri 6 Gowa tampak ramai, Sabtu, 18 Agustus 2018. Sayup-sayup terdengar suara menyanyi dari dalam ruangan.

Suara itu berasal dari kelompok paduan suara siswa. Mereka sedang mengikuti lomba lagu kebangsaan yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-73 tahun ini.

Beragam lagu nasional dibawakan. Seperti Indonesia Raya dan Hari Merdeka. Kedua lagu itu menjadi lagu wajib dalam lomba tersebut. Sementara Revolusi Mental jadi lagu pilihan.

Kepala SMA Negeri 6 Gowa, Erwin Wijaya mengungkapkan, lomba lagu kebangsaan itu diikuti oleh 16 kelompok paduan suara. “Dari 16 rombongan belajar (rombel) mengutus satu kelompok paduan suara,” ujar Erwin disela-sela lomba.



Mantan Kepsek SMA Negeri 1 Bajeng Barat itu menjelaskan, kegiatan lomba paduan suara tersebut diprakarsai oleh pihak Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Tujuannya untuk menumbuhkan rasa nasionalisme di dalam diri pelajar, khususnya siswa SMAN 6 Gowa. 

“Sebagai Kepsek, tentu saya salut dengan kreativitas  pengurus OSIS dalam merayakan HUT Kemerdekaan. Mereka dengan inisiatifnya membuat lomba tanpa mengganggu proses belajar-mengajar di sekolah ini,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua OSIS SMA Negeri 6 Gowa, Abubakar Zanur menyebutkan, ada empat jenis kegiatan lomba yang dilaksanakan untuk memeriahkan HUT RI ke-73. Selain lomba lagu kebangsaan, juga ada lomba makan kerupuk, isi botol kosong serta joged balon. 

“Semua lomba itu dilaksanakan dalam sehari,” sebut Abubakar.

Ia mengungkapkan, kegiatan lomba yang baru pertama kalinya itu diharapkan tidak saja meningkatkan jiwa nasionalisme bagi pelajar, tetapi juga menjadi ajang silaturrahmi antara siswa SMA Negeri 6 Gowa.

“Kita sudah bicara dengan guru dan kepala sekolah agar lomba ini jadi program rutin setiap tahun. Alhamdulillah, responnya mendukung,” pungkasnya.(*)