Ratusan Pemuda Kepulauan Selayar Bersih-bersih Pantai Lewat Aksi Gerakan Menghadap ke Laut

Minggu, 19 Agustus 2018 | 21:12 Wita - Editor: Irwan Idris - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

Selayar, Gosulsel.Com – Ratusan pemuda dari gabungan organisasi kepemudaan di Kabupaten Kepulaun Selayar menggelar aksi gerakan nasional ‘Gerakan Menghadap ke Laut, Minggu (19/8). Gerakan ini merupakan inisisasi Menteri Kelautan RI, Susi Pujiastuti.

Aksi yang diikuti beberapa lembaga kepemudaan seperti, Iskindo Sulsel, GEMA Keadilan, Pass15a, PMI, PMR, Dinas Kelautan dan Perikanan, Fortanas, KNPI, Fantasi, PNB dan HPMKS, bergerak bersama membersihkan pesisir pantai kota Benteng Selayar yang dimulai di titik kumpul di Taman Pelangi.

Menurut Ancu Daeng Cambang dari Iskindo, gerakan ini sebagai kampanye menumbuhkan kesadaran masyarakat tidak membuang sampah ke laut. Ini juga sebagai bagian menuju komitmen Indonesia mengurangi 70 persen sampah plastik di laut Indonesia pada tahun 2025.

“Kami berharap gerakan ini bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan mencintai laut dengan tidak membuang sampah ke Laut. Ayo mulai dari sekarang bersihkan wilayah pantai dan laut kita dari sampah,” ajak alumni fakultas perikanan Unhas ini.



Selain gerakan bersih pantai, juga dilakukan penggalangan dukungan tandatangan dari seluruh elemen masyarakat sebagai komitmen bersama untuk tidak membuang sampah ke Laut. Termasuk Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H.Zainuddin, turut membubuhkan tanda tangan.

Gerakan Menghadap ke Laut juga dilakukan di beberapa titik seperti di Pantai Pa’badilang dan Kampung Penyu yang merupakan Icon Wisata Kabupaten Kepulauan Selayar.(*)