Jamaah Masjid Al-Ma'arif di jalan alternatif swadaya Sungguminasa, kelurahan Tompobalang kecamatan Somba Opu, Gowa usai sholat id, Selasa 22 Agustus 2018

Beberapa Warga Telah Melaksanakan Shalat Idul Adha Hari Ini, Ini Penyebabnya

Selasa, 21 Agustus 2018 | 10:15 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Mutmainnah - Gosulsel.com

Makassar,Gosulsel.com– Ada beberapa tempat di Makassar yang telah melaksanakan shalat Idul Adha hari ini, Selasa (21/8/2018).

Hal ini berbeda dengan sebagian besar masyarakat yang mengikuti penentuan pemerintah yang baru akan dalam melaksanakan shalat Idul Adha sehari setelahnya yakni, besok, Rabu (22/8/2018).

Salah satu tempat yang melangsungkan rangkaian shalat Idul Adha hari ini adalah Masjid Al-Ma’arif di jalan alternatif swadaya Sungguminasa, kelurahan Tompobalang kecamatan Somba Opu, Gowa dimulai pukul 06.50 Wita.

Dari pantauan Gosulsel, masjid tersebut dipenuhi jamaah yang berasal dari wilayah Gowa dan Makassar hingga ke bagian terasnya.



Ustd Fatahillah, S.Si., M.Si selaku khatib memulainya dengan penyampaian bahwa penyebab pelaksanaan shalat Idul Adha pada hari Selasa karena penentuan pelaksanaan Idul Adha seharusnya mengikuti keputusan Pemimpin Makkah

“Sesuai tuntunan Rasulullah, penentuannya diserahkan kepada Amir Makkah sebagai penyelenggara Haji,” terangnya.

Ia menambahkan bahwa cara penentuan Idul Adha semestinya dilakukan dengan cara Rukyat bukan hisab.

“Harusnya menggunakan Rukyat, jika Amir Makkah tidak mampu melakukan, baru diserahkan kepada wilayah penentuan Idul Adha nya yaitu dengan cara Rukyat lokal,” tambahnya.

Lebih lanjut terkait hal ini, Ustd Fatahillah mengisyaratkan persatuan di tengah banyak perbedaan kaum Muslim dan memaknai Islam dengan sungguh-sungguh dan menyeluruh.

“Baiknya memang kita harus memaknai setiap bacaan dalam Shalat kita dalam kehidupan,” katanya.

Diketahui, di beberapa tempat juga telah melaksanakan shalat Idul Adha seperti di Masjid At-Taqwa BT Makassar dan di halaman gedung Afiat Bandara lama Maros.

Sebelumnya telah dikonfirmasi pula bahwa jamaah An-Nadzir Gowa juga melaksanakan Shalat Idul Adha hari ini.


BACA JUGA