Bupati Adnan Apresiasi Pemeliharaan Saluran dan Kanal BBWS Pompengan Jeneberang

Selasa, 21 Agustus 2018 | 15:46 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Ryan Saputra - Gosulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang melakukan pemeliharaan kanal dan saluran yang ada di Kabupaten Gowa dan Kota Makassar. Tak sendiri, BBWS berkerjasama dengan Kodam XIV Hasanuddin yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding atau MoU).

Kepala BBWS Pompengan Jeneberang, Iskandar, mengatakan saat ini kanal dan saluran yang telah dibangun sudah tidak terpelihara dengan baik, bahkan kondisinya pun sangat kotor. “Jujur saja kondisi kanal maupun saluran ada beberapa yang kondisinya sudah tidak memungkinkan lagi, makanya kami mengajak TNI Kodam ini untuk sama-sama melakukan pemeliharaan agar menjadi bersih yang utama dan selanjutnya sehat,” katanya, di Baruga Syekh Yusuf Kodam XIV Hasanuddin, Selasa (21/8/2018)

pt-vale-indonesia

Di Kabupaten Gowa sendiri, kata Iskandar akan dilakukan pemeliharaan rutin saluran di daerah Kelurahan Tombolo hingga Kelurahan Kalegowa, Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa sepanjang 4,23 KM. “Untuk tahap pertama itu pada saluran Gowa, akan dilakukan galian dan pembuangan sedimen, mengangkat sampah – sampah di atas permukaan air mulai dari yang ada di belakang Kantor Samsat Gowa sampai jembatan Kacong Daeng Lalang,” bebernya.

Tak sampai disitu, pihaknya juga akan melakukan perbaikan tebing saluran dan pembersihan sepanjang saluran Gowa itu sendiri. “Tahap pertama ini akan selesai dalam kurung waktu 3-4 bulan kedepan,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan sangat mengapresiasi program tersebut, menurutnya ini sangat baik dalam mengantisipasi terjadinya banjir, “Tentunya patut diapresiasiasi karena dengan adanya program seperti ini, kita bisa melihat bagaimana saluran bisa kelihatan lebih bersih dan sehat, mengantisipasi terjadinya banjir, karena kondisi saluran di Gowa dan Makassar sangat memprihatinkan, sehingga dibutuhkan dukungan orang-orang untuk turun bersama-sama,” ujar Bupati termuda se Kawasan Timur Indonesia itu.

Olehnya dirinya berharap, dengan penandatanganan MoU antara BBWS Pompengan Jeneberang bersama Kodam XIV Hasanuddin, bisa menghasilkan saluran dan kanal yang lebih bersih, sehat dan terpelihara dimasa yang akan datang.

Selain Saluran Gowa, adapula Kanal dan Saluran Makassar yang akan dilakukan pemeliharaan yakni kanal Jongaya, kanal Panampu dan kanal Sinrijala, serta saluran Pampang, dan Saluran Perumnas.(*)


BACA JUGA