Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bantaeng, Iffa Rafida
#

Mahasiswa AKOM Bantaeng Segera Kuliah Perdana, Gratis Biaya Kuliah Perusahaan Siap Tampung

Selasa, 21 Agustus 2018 | 16:54 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

Bantaeng, GoSulsel.com — Sebanyak 96 mahasiswa Akademi Komunitas (AKOM) Bantaeng akan memulai kuliah perdananya pada September 2018 setelah panitia melakukan seleksi pendaftaran sekitar 500 orang.

Menurut Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bantaeng Iffa Rafida, sejak kampus yang akan membebaskan biaya kuliah bagi mahasiswa banyak diminati siswa yang datang dari hampir seluruh kabupaten/ kota di Sulsel.

“Dari sekitar 96 orang mahasiswa Akademi Komunitas Bantaeng, sekitar 75 persen orang Bantaeng karena memang menjadi prioritas. Rencananya kuliah perdana mulai dilakukan September mendatang. Sedangkan lama kuliah hanya dua tahun,” ungkap Iffa, Selasa (21/8/2018).

Dilatakan, AKOM Bantaeng dibawah pengawasan Kementerian Perindustrian RI, membuka tiga jurusan yang sudah dilakukan kerjasama dengan perusahaan yang siap menampung para alumninya masuk didunia kerja.



Ketiga jurusan tersebut adalah, jurusan perawatan mesin, teknik listrik dan instalasi dan analis kimia. Kementerian Perindustrian membebaskan biaya kuliah bagi mahasiswa untuk lima tahun pertama.

Sedangkan Kepala Seksi Industri dan Logam Dinas Perindag Bantaeng, Lukman Agung menyebutkan, tujuan sebenarnya pendirian AKOM Bantaeng adalah untuk menyiapkan tenaga kerja di kawasan industri seperti Bantaeng, Konawe.

“Jadi ada memang sudah dilakukan perjanjian kerjasama dengan perusahaan industri untuk penyerapan tenaga kerja terhadap lulusan AKOM. Setidaknya ada 10 perusahaan yang siap menampung lulusan AKOM,” kata Lukman.

Untuk sementara, tambah dia, mahasiswa yang kuliah bisa tinggal di luar kampus. Tapi diupayakan mahasiswa nantinya bisa diasramakan. Namun itu tergantung keuangan dari pemerintah pusat. (*)