Kurban 41 Ekor Sapi dan 18 Ekor Kambing, Sekolah Islam Athirah Didik Siswa Hikmah Berkurban

Jumat, 24 Agustus 2018 | 16:27 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Citizen Reporter

Makassar,Gosulsel.com– Momen Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah, Keluarga besar Sekolah Islam Athirah berkurban 41 ekor sapi dan 18 ekor Kambing. Uniknya, proses berkurban ini dilakukan disekolah dengan melibatkan ratusan siswa didik Sekolah Islam Athirah.

Hewan kurban ini sendiri disembelih di hari kedua Idul Adha, Kamis, 23 Agustus 2018 di unit masing-masing.

Kepala Dept. Costumer Society and Media Relation, Khasan, S. Pd merinci dari unit Kajolalido TK berkurban 3 ekor sapi, SD 4 ekor sapi dan 8 ekor kambing, SMP 5 ekor sapi dan SMA 5 ekor sapi. Dari unit Bukit Baruga, TK berkurban 3 ekor sapi dan 3 ekor kambing, SD 2 ekor sapi dan 5 ekor kambing, SMP 6 ekor sapi dan 1 ekor kambing, SMA 2 ekor sapi. Sementara dari Unit Bone ada 11 ekor sapi dan 2 ekor kambing. “Totalnya ada 59 hewan kurban tahun ini,” sebutnya.

Daging kurban tersebut kemudian disalurkan ke beberapa lembaga sosial dan juga dibagikan kepada kaum dhuafa yang bermukim di sekitar sekolah.



“Hewan qurban sengaja kita sembeli di sekolah, agar para murid dan siswa dapat melihat langsung prosesnya dan memetik hikmah di balik peristiwa idul qurban ini,” ujar Khasan.

Ia menuturkan bahwa hakekat dan impelemtasi berkurban bagi warga Athirah adalah tumbuhnya rasa syukur atas nikmat Allah SWT dan keikhlasan dalam berkorban serta persatuan dan persaudaraan dalam diri.

“Sejak dini kita ajarkan mereka untuk mau ikhlas berkorban dengan menyisihkan uang jajan mereka lalu ditabung, membentuk kelompok yang beranggotakan 7 orang untuk berkurban pada Idul Adha tahun ini,” jelasnya. (*)