Buka Pelatihan, Sekda Gowa: ASN Harus Tahu Ilmu Keprotokoleran

Sabtu, 25 Agustus 2018 | 17:29 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Ryan Saputra - Gosulsel.com

Gowa, GoSulsel.com — Pemerintah Kabupaten Gowa, melalui Bagian Protokol Setkab Gowa, menggelar Pelatihan Keprotokoleran yang diikuti lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa, di Hotel Grand Celino Makassar.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Muchlis sekaligus membuka pelatihan keprotokoleran mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. 

Menurutnya semua ASN wajib mengetahui materi dasar-dasar ilmu protokol. ” Ini hal dasar yang harus diketahui semua pegawai hingga kecamatan, karena dalam mengkordinasi pimpinan, bahkan posisi tempat dudukpun itu harus dipelajari dan itu ada di ilmu keprotokoleran,” jelasnya dihadapan peserta, Sabtu (25/8/2018).

Selain itu, kata Muchlis pelatihan ini bisa dijadikan upaya dalam membentuk ASN Gowa berada di atas rata-rata. Sehingga dirinya berharap setelah kegiatan itu para peserta mampu mengaplikasikan apa yang telah didapatkan pada pelatihan ini.



“Saya harap semua peserta baik dari kecamatan, SKPD bisa mengambil baik pembelajaran pelatihan ini, sehingga ketika ada kegiatan di kecamatan masing-masing bagian protokol hanya menambahkan sedikit apa yang telah disiapkan oleh kecamatan,” harapnya.

Kepala Bagian Protokol Setkab Gowa, Azhari Azis, mengatakan kegiatan ini berlangsung hingga 26 Agustus besok dan diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari kecamatan dan SKPD. Adapun materi yang akan dibawakan oleh narasumber yakni peran protokol dalam pemerintahan, dasar-dasar keprotokoleran, tugas dan peran master of ceremony, hingga public speaking.(*)