Pj Gubernur Sulsel Sebut Arus Pendek dan Puntung Rokok Penyebab Utama Kebakaran

Selasa, 28 Agustus 2018 | 15:33 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com — Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Soni Sumarsono mengimbau masyarakat mengubah perilaku untuk mencegah terjadinya kebakaran yang potensinya semakin besar terjadi pada musim kemarau.

“Kemarau dan kebakaran itu ada faktor penjembatannya yaitu perilaku,” kata Soni, usai menghadiri Apel Akbar Pramuka di Pangkep, Selasa (28/8/2018).

Menurut Soni kebakaran pada musim kemarau biasanya dipicu oleh dua hal, yaitu arus pendek listrik dan puntung rokok.

“Listrik satu colokan bisa banyak perangkat yang dicolokkan ke situ, dalam kondisi kering, satu percikan api saja bisa menyambar dan terkena bahan yang mudah terbakar,” tuturnya.



Demikian pula, puntung rokok. Menurut Soni, kadang kala karena terburu-buru dan menganggap sepele, seseorang dapat membuang puntung rokok begitu saja, dan pada musim kemarau seperti ini dapat menjadi pemicu kebakaran.

Karena itu, Soni berharap masyarakat secara individual lebih mewaspadai pemicu kebakaran dan mengubah perilaku untuk mencegah musibah tersebut.

“Jangan buang puntung rokok sembarangan, listrik jangan terlalu banyak kabel sambung,” ujarnya.

Pemerintah, kata dia, melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga telah berupaya melakukan penyadaran dan pendidikan kepada masyarakat terkait pencegahan kebakaran.

“Bagaimanapun, pengendalian juga harus dilakukan masing-masing individu, dengan kesadaran mencegah kebakaran,” kata dia.(*)