Tim Dokpol Urkes Polres Gowa Tes Urine Anggota Kodim 1409, Ini Hasilnya

Selasa, 28 Agustus 2018 | 09:01 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Ryan Saputra - Gosulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — Tes urine yang diikuti sedikitnya 50 personil Kodim XIV Hasanuddin Gowa di tengah penyuluhan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), Senin (27/8/2018) di aula Makodim XIV Hasanuddin Gowa, Jl Sultan Hasanuddin, Kelurahan Pandang-pandang, Kecamatan Somba Opu, berjalan lancar.

Penyuluhan yang dirangkai tes urine triwulan III di lingkup Kodim ini dilakukan jajaran Sat Narkoba Polres Gowa dipimpin Kasat Narkoba, AKP Maulud. Turut hadir Kasdim 1409 Gowa Mayor Inf Husain S, Pasi Intel Kodim 1409 Gowa Kapten Inf Maman, para anggota Persit, PNS Kodim 1409 Gowa.

Dalam kegiatan tersebur, Kasat Narkoba Polres Gowa AKP Maulud menjelaskan tentang ketentuan pidana UU No 22 tahun 1997 tentang narkotika terdapat dalam Pasal 78-Pasal 104 dan penyalahgunaan narkoba diatur dalam Pasal 111, Pasal 112, Pasal 114 dan Pasal 127 hukum pidana narkoba.

“Untuk peredaran obat-obatan di wilayah Kabupaten Gowa untuk secara umum hanya jenis sabu dan tramadol saja. Namun hal ini tidak bisa kita pungkiri bahwa selama ini yang lazim diedarkan oknum pengedarnya adalah berbagai jenis bukan hanya sabu dan tramadol tapi juga ekstasi, flakka dan inhalant (jenis lem).



Dandim 1409 Gowa diwakili Kasdim Mayor Inf Husain S mengatakan kegiatan penyuluhan P4GN ini merupakan hal rutin dilakukan di jajaran Kodim Gowa. Hal itu bertujuan selain sebagai penguatan silaturahmi antara anggota TNI juga sebagai upaya awas kondisi personil sehingga selalu ada upaya mencegah dan menghindari narkoba.

” Mari rekan-rekan prajurit serta PNS Kodim maupun Persit, menganalisa bahaya tentang narkoba dan fokus dalam menerima pengarahan tentang bahaya narkoba ini. Dan kami harapkan kepada rekan prajurit agar menjaga keluarganya jangan sampai terlibat ataupun menjadi pengedar narkoba. TNI harus jadi panutan masyarakat,” kata kasdim.

Sementara tes urine yang menjadi rangkaian dari penyuluhan narkoba ini diikuti sedikitnya 50 personil Kodim melakukan pemeriksaan. Dan berdasar hasil pemeriksaan tim Dokpol Urkes Polres Gowa menyatakan semua bersih dari narkoba atau negatif narkoba. (*)