BKIPM Bersama DP2 Makassar Lakukan Pengawasan Hasil Perikanan di Pasar Tradisional

Rabu, 29 Agustus 2018 | 21:58 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Indra Ahmad - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com — Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Makassar (BKIPM) bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar melakukan kegiatan pengawasan mutu terpadu komoditi perikanan domestik di pasar tradisional Pabaeng-baeng, Rabu (29/8/2018). 

Kegiatan ini bertujuan untuk memantau jaminan pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan di pasar sebagai salah satu sentra penyedia pangan sehat. 

Kepala BKIPM Makassar, Sitti Chadidjah mengatakan bahwa indikator keberhasilan dari kegiatan ini adalah terjaminnya mutu dan keamanan hasil perikanan di sentra penyedia pangan sehat dan meningkatnya volume hasil perikanan untuk konsumsi masyarakat yang terjamin mutu dan keamanannya. 

“Setelah disampling, kami melakukan pengujian mutu di laboratorium untuk memantau mutu ikan apakah layak dikonsumsi oleh masyarakat atau tidak,” terang Sitti.



Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar, Abdul Rahman Bando, berharap kegiatan pengawasan terpadu seperti ini akan berkelanjutan dan melibatkan banyak pihak. 

“Kami sering bekerjasama dengan BKIPM Makassar dan pengawasan mutu terpadu ini adalah salah satunya,” jelas Rahman.

Selain pasar tradisional, kegiatan pengawasan ini juga dilaksanakan di pasar modern, unit pengolahan ikan dan suplier hasil perikanan di kota Makassar. 

Untuk tahun 2018, terdapat sepuluh target pengawasan mutu domestik yang meliputi pasar tradisional, pasar modern, pelabuhan perikanan, suplier hasil perikanan dan unit pengolahan ikan.(*)


BACA JUGA