Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

Dua Tahun Tak RAT, Sekda Sulsel Bentuk Tim Audit Koperasi

Rabu, 29 Agustus 2018 | 14:44 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Toddopuli, sudah dua tahun tidak melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Karena itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Sulsel membentuk tim audit untuk mengaudit koperasi tersebut.

Salah satu anggota tim audit, Kepala Biro Bina Perekonomian, Since Erna Lamba, membenarkan jika KPRI Toddopuli sudah dua tahun tidak melakukan RAT, yakni tahun 2016 dan 2017. Karenanya, muncul beberapa asumsi – asumsi negatif dari anggota koperasi.

“Karena mulai muncul asumsi-asumsi negatif, makanya dibentuk tim untuk mengklarifikasi masalah ini. Saya diminta oleh Pak Sekda untuk memfasilitasi, memimpin rapat bersama pengurus koperasi,” ungkap Since, Rabu (29/8/2018).

Ia menjelaskan, berdasarkan rapat telah disepakati beberapa poin. Diantaranya, membentuk tim audit pemprov, yang akan menunjuk tim audit independen.



Tim audit ini akan diberi kesempatan bekerja sampai satu bulan. Setelah itu dijadwalkan pengurus mempersiapkan RAT pada minggu kedua Oktober.

“Ada laporan, sehingga kita audit. Tujuannya, supaya asumsi itu clean and clear. Kita minta juga pengurus segera menyiapkan pelaksanaan RAT ,” terangnya.

Sekedar diketahui, tidak dilaksanakannya RAT berimbas pada tidak adanya pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) untuk seluruh anggota koperasi. Berdasarkan data yang ada, untuk tahun buku 2017, jumlah anggota koperasi berjumlah 1.681 orang. (*)