Walikota Makassar, Danny Pomanto bersama Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo meluncurkan Program Pinisi Bagi Negeri.

Festival Pinisi 2018 Ungkap Rahasia Kehebatan Kapal Pinisi

Kamis, 06 September 2018 | 19:33 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Citizen Reporter

Makassar, Gosulsel.com — Kapal Pinisi adalah cermin kehebatan bahari Indonesia. Kehebatan kapal ini sangat melegenda. Bahkan mancanegara mengakuinya. Buat kalian yang ingin mengetahui kehebatan kapal ini, silakan datang ke Festival Phinisi 2018. Lokasinya di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, festival ini akan menarik. Karena, memperkuat Indonesia sebagai negara bahari dan memiliki sejarah melaut yang andal.

“Ini bukan festival baru. Karena, sudah 9 kali dilaksanakan. Festival ini sangat bagus, karena merefleksikan kehebatan bangsa Indonesia di masa lalu. Selain itu, festival ini juga menyajikan ritual adat. Yaitu Annyorong Lopi lengkap dengan parade budaya, sport tourism, hingga petualangan,” tuturnya, Rabu (5/9).

Menpar menambahkan, Bulukumba telah diperkuat aspek 3A (amenitas, aksesibilitas, dan atraksi). Jadi wisatawan tidak perlu ragu untuk berkunjung.

“Bulukumba ini aspek 3A-nya memang luar biasa. Wisatawan bisa menikmati beragam atraksi terbaik yang ditawarkan. Alam dan budayanya itu luar biasa, apalagi lengkap dengan konsep sport tourism dan adventure. Aksesibilitas dan amanitiasnya banyak pilihannya. Wilayah ini juga penghasil kuliner terbaik dengan cita rasa nikmat,” pungkas Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Kehebatan Kapal Pinisi juga diungkapkan Ketua Pelaksana Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty.

“Pinisi demikian mendunia. Wonderful Indonesia bahkan menggunakannya sebagai ikon dalam setiap pameran di luar negeri. Meski terbuat dari kayu, kapal ini sangat eksotis dan kuat. Festival Pinisi 2018 dijamin akan spektakuler,” ungkap Esthy.

Festival Pinisi digelar 8-15 September 2018. Festival ini dihelat di Kawasan Pantai Tanjung Bira, Bontobahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Total, ada 13 sub event yang bisa dinikmati.

“Wilayah Bulukumba dan Sulawesi Selatan pada umumnya kaya dengan budaya dan alamnya. Kesemuanya itu sangat khas dan istimewa. Jadi, pastikan event ini tidak terlewatkan. Sebab, bergulirnya Festival Pinisi tingga beberapa saat lagi,” terangnya.(*)