Masyarakat Dusun Balang Desa Barambang Kecamatan Borong, Sinjai, Sulawesi Selatan digegerkan dengan penemuan ratusan batu yang berbentuk bantal guling.
#

Geger, Ratusan Batu Aneh Berbentuk Guling Ditemukan saat Warga Sinjai Merintis Pembukaan Jalan

Rabu, 12 September 2018 | 14:56 Wita - Editor: Irwan Idris - Kontributor: Izhar - Gosulsel.com

Sinjai, Gosulsel.com — Masyarakat Dusun Balang Desa Barambang Kecamatan Borong, Sinjai, digegerkan dengan penemuan ratusan batu yang berbentuk bantal guling.

Bongkahan batu unik itu ditemukan saat masyarakat setempat sedang merintis pembukaan jalan menggunakan alat berat excavator.

Awalnya, saat alat berat excavator menggali tanah, bak axcavator menghantam sebuah bongkahan batu.

Setelah diangkat, batu tersebut ternyata sebuah batu besar yang terlihat seperti batu peninggalan sejarah.



Bahkan ada beberapa masyarakat yang menduga batu tersebut merupakan senjata yang sengaja disusun pada masa perang dahulu kala.

Kepala Urusan Kesra/Pembangunan Desa Barambang, Sinjai Borong Made, mengungkapkan batuan aneh yang ditemukan warga di sekitar puncak Bukit Batu Barae tersebut mengandung logam.

“Jika ditempeli dengan besi magnit, maka magnit melengket di batu tersebut. Jika melihat fisiknya, benda yang ditemukan warga saat merintis pembukaan jalan itu terlihat sebagai bongkahan batu biasa berbentuk guling,” ujarnya.

Walaupun bentuknya sama, lanjut Made, tapi bongkahan batu tersebut mempunyai ukuran yang berbeda.

Rata-rata bongkahan batu berukuran panjang sekitar 150 – 300 cm dengan diameter 50 hingga 80 cm dengan berat yang lumayan sebab tidak bisa digeser oleh satu orang saja, di dalamnya berisi logam.

“Sehingga warga setempat menyimpulkan bahwa benda berbentuk bulat dan panjang itu adalah logam yang terbungkus dengan bebatuan,” pungkasnya.

Batu tersebut sementara ini disebut batu “aneh” sebab belum diketahui pasti, apakah batu itu adalah batu peninggalan purbakala atau hal lainnya dan menjadi tontonan warga.(*)