Kabar Baik, Bekraf Luncurkan Program BE-X untuk Pelaku Startup

Kamis, 25 Oktober 2018 | 21:11 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Indra Ahmad - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com — Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Bekraf) dalam upaya mendorong Startup Indonesia menghadapi revolusi industri 4.0 mensosialisasikan program BE-X di Makassar, Kamis (25/10).

Makassar merupakan kota ketiga diadakannya sosialisasi program BE-X setelah sebelumnya telah diadakan di Jakarta dan Medan.

Program ini merupakan program akselerasi Startup yang fokus terhadap pembentukan founder dan tim founder yang siap berteknopreneur.

Kasubdit Edukasi Ekonomi Kreatif Bekraf, Toar Mangaribi saat melakukan sosialisasi mengatakan data riset 2015 menemukan bahwa, penggunaan teknologi informasi pada industri ekonomi kreatif mengalami peningkatan sebesar 64,24%. Sedangkan usaha ekonomi kreatif yang menggunakan internet sebanyak 68,83%.

Lebih lanjut Toar mengatakan, perkembangan positif ini turut merangsang pertumbuhan Startup digital di Indonesia terlepas dari potensi yang ada sektor ekonomi kreatif tanah air juga menghadapi berbagai kendala.

“Untuk mempersiapkan Startup Indonesia siap bersaing secara global, tidak hanya infrastruktur dan pengetahuan mengenai Starup apa saja yang diperlukan akan tetapi juga membutuhkan adanya faktor x, yaitu extra excellent dan collaboration. Faktor x inilah yang coba kami bangun dan tingkatkan di Startup Indonesia,” jelasnya dihadapan 100 pelaku Startup.

Toar menambahkan perlunya faktor x ini di dalam berteknopreneur agar founder dan tim founder memiliki mental yang ekstra dalam menghadapi persaingan, excellent dalam ide dan mampu berkolaborasi dalam tim sehingga bisnis yang dijalankan tidak hanya bisa berkelanjutan tetapi juga bisa berkembang semakin besar.

“Program BE-X inj nantinya akan dilaksanakan salam tiga tahapan yaitu Rektrumen, Pelaksanaan Akselerasi dan Demo Day,” pungkasnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program BE-X dan turut mengambil bagian dalam program ini, calon peserta sudah bisa mengakses dan mengajukan proposal BE-X melalui link Be-x.bekraf.go.id.

Tags: