Upacara Peringatan Hari Oeang ke-72 dan Sumpah Pemuda ke-90 Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sulselbartra.(IST)

Kenakan Pita Hitam Saat Upacara, Kanwil DJP Sulselbartra Sampaikan Duka Mendalam Jatuhnya Pesawat Lion Air JT-610

Selasa, 30 Oktober 2018 | 14:38 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

Makassar, GoSulsel.com — Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sulselbartra menggelar upacara peringatan Hari Oeang ke-72 dan Sumpah Pemuda ke-90, Selasa (30/10/2018). Upacara tersebut berlangsung di Lapangan Gedung Keuangan Negara Makassar.

Upacara berlangsung khidmat, namun ada yang tak biasa dalam upacara tersebut. Para peserta upacara tampak mengenkan pita hitam di lengan kiri sebagai bentuk belasungkawa kepada seluruh korban Pesawat Lion Air JT-610.

pt-vale-indonesia

“Sebagai bentuk rasa duka kami, kami mengenakan pita di lengan kiri kami,” ujar Eka Sila Kusna Jaya selaku Kepala Kanwil DJP Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara.

Tak hanya DJP Sulselbartra, seluruh pegawai Kementerian Keuangan RI juga mengenakan seragam yang sama (baju putih, celana/ rok hitam, serta pita hitam) pada upacara Hari Oeang ke-72. Pita hitam menyimbolkan suasa berkabung atau perlambang duka.

“Sudah ada instruksi bahwa sampai hari Jumat kami mengenakan pakaian putih hitam dan pita hitam sebagai bentuk duka, untuk menghomati rekan-rekan yang sudah berkorban dalam rangka melaksanakan tugas,: tuturnya.

Dikabarkan, sebanyak 21 penumpang yang tercatat sebagai pegawai Kemenkeu RI dan 12 diantaranya merupakan pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Ke 12 korban tersebut merupakan pegawai KPP Pratama Bangka dan KPP Pratama Pangkalpinang.

Berikut nama-nama pegawai Direktorat Jenderal Pajak yang menjadi korban:

KPP Pratama Bangka
1. Hesti Nuraini
2. Junior Priadi
3. Pratomo Wira Dewanto
5. Rivandi Pranata

KPP Pratama Pangkalpinang
1. Achmad Sukron Hadi
2. Ari Budiastuti
3. Firmansyah Akbar
4. I.G.A. Ngurah Metta Utama
5.R.R. Savitri Wulurastuti
7. Tri Haska Hafidi(*)