Bersama Kemenag Sulsel, FDK UIN Alauddin Makassar Gelar Sertifikasi Pembimbing Ibadah Haji

Kamis, 01 November 2018 | 20:38 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Selatan bersama Fakultas Dakwan dan Komunikasi (FDK) Univeraitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar Sertifikasi pembimbing ibadah manasik Haji Profesional.

Ilham Hamid salah seorang panitia pelaksana mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan angkatan yang ke 5 dan diselenggarakan selama 10 hari di Wisma Asrama Haji Sudiang Makassar.

“Kegiatanya berlangsung selama 10 hari yaitu mulai dari tanggal 23 Oktober hingga 01 Nopember 2018 bertempat di Wisma Bir Ali Asrama Haji Sudiang Makassar dan hari ini resmi ditutup oleh Sekjend Penyelenggara Haji Umroh (PHU) Kemenag RI,” katanya.

Pelaksanaan kegiatan tersebut, lanjut Ilham Hamid merupakan program kerjasama antara Kementerian Agama RI dengan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar yang telah berjalan selama lima angkatan.

Ia juga menyebutkan bahwa kegiatan yang diikuti pejabat dari 10 provinsi dan 24 Kabupaten/Kota Se Sulawesi Selatan dengan jumlah peserta 100 orang, bertujan untuk memberikan pelayan secara profesional kepada calon jamaah haji yang akan ke tanah suci Mekah.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan profesional terhadap calon jamaah haji yang akan ke tanah suci agar mendapatkan bimbingan manasik dari orang – orang yang sudah bersertifikat sebagai pembimbing ibadah manasik haji,” lanjutnya.

Ia juga menambahkan untuk melahirkan tenaga pembimbing profesional, pihak panitia mendatangkan sejumlah pemateri yang berkompoten. Di antaranya Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah, Sekretaris PHU, para direktur, Rektor UIN Alauddin Makasar, Dekan FDK UIN Alauddin Makassar, Kanwil Kementerian Agama Sulsel dan Ketua MUI Sulsel Selatan.(*)


BACA JUGA