Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gowa, Ikhsan Parawansa

Ingatkan Cuaca Ekstrim di Gowa, BPBD Gowa Imbau Bahaya Longsor

Rabu, 21 November 2018 | 15:28 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Ryan Saputra - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM –Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa memberikan imbauan kepada masyarkat agar mewaspadai cuaca ekstrem pada musim hujan yang berpotensi menyebabkan longsor, banjir, dan bencana alam lainnya.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gowa, Ikhsan Parawansa dari hasil pemantauan BMKG kondisi saat ini memang berpotensi untuk terjadinya cuaca estrem dengan curah hujan yang cukup tinggi. Dan diperkirakan lebih cepat mulai dari November yang kemungkinan bisa sampai bulan Februari.

muhammad-ismak

“Jadi untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di kabupaten Gowa, pak Bupati sudah menyarankan untuk mewaspadai cuaca estrem yang kapan saja bisa terjadi,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (21/11/18).

Ia menjelaskan pihak BPBD Gowa bersama dengan DLH Gowa dan Dinas PU Gowa telah melakukan persiapan untuk mengahadapi cuaca estrem ini.

“Khusus untuk lingkungan hidup mereka segera membersihkan saluran-saluran dan memangkas pohon-pohon yang bisa saja tumbang saat terjadi musim hujan. Sementara untuk Dinas PU itu segera melakukan normalisasi terhadap saluran air,” jelasnya.

Untuk itu, Ikhsan menghimbau agar masyarakat Gowa tetap waspada terhadap kondisi cuaca estrem dengan cara menjaga lingkungan, serta tidak membuang sampah sembarangan.

BPDB Gowa sendiri telah membentuk posko yang melayani masyarkat selama 24 jam dalam rangka menghadapi kondisi cuaca estrem.

“Jadi kalau misalnya ada laporan dari masyarakat, kami akan segera bertindak dengan menurunkan beberapa tim yang telah kami bentuk,” tutupnya. (*)