Kepala Bidang (Kabid) Pajak I dan Retribusi Daerah Bapenda Kota Makassar, Ibrahim Akkas Mulla

Laskar Pajak Bapenda Bantu Pemasukan PAD Makassar

Kamis, 29 November 2018 | 23:30 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Salah satu upaya yang dilakukan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak daerah adalah membentuk Laskar Peduli Pajak.

Kepala Bidang (Kabid) Pajak I dan Retribusi Daerah Bapenda Kota Makassar, Ibrahim Akkas Mulla mengatakan bahwa sejauh ini kehadiran laskar peduli pajak sangat membantu dalam meningkatkan realisasi PAD Kota Makassar.

“Sejauh ini lumayan dia (laskar pajak) berkontribusi 20 sampai 30 persen terhadap peningkatan pendapatan,” katanya saat di temuai di ruangannya, Kamis (29/11/2018).

Ibrahim juga menyebutkan bahwa hingga saat ini jumlah laskar pajak yang dibentuk Bapenda Kota Makassar sebanyak 150 orang.

“Laskar Peduli Pajak tahun ini berjumlah 150 orang yang bertugas untuk mencatat transaksi yang dilakukan para wajib pajak khususnya pada pajak restoran, hotel, parkir dan hiburan,” lanjutnya.

Untuk pajak yang penghitungannya secara self assestment seperti pajak restoran, besaran pajak yang dibayar tergantung besaran transaksi yang didapatkan setiap harinya yang kemudian diakumulasi selama 1 bulan. “Iya karena pajak restoran ditentukan berapa jumlah pengunjungnya yang melakukan transaksi setiap hari,” tandasnya.(*)


BACA JUGA