PPNI Sulsel Dikerahkan Bantu Pemulihan Tahap Dua Pasca Gempa di Sulawesi Tengah

Bagaimana Kabar Sulteng Pasca Gempa? PPNI Sulsel Dikerahkan Bantu Pemulihan Tahap Dua

Jumat, 30 November 2018 | 21:22 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

SULTENG, GOSULSEL.COM — Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) terus memberikan bantuan pemulihan di bidang kesehatan pasca gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Kegiatan PPNI ini terus berlanjut mengingat dukungan dan rasa kepercayaan yang tinggi dari pemerintah Indonesia untuk melibatkan Persatuan Perawat melibatkan lembaga profesi perawat ini.

Selama 15 hari belakangan terakhir, tim bantuan kesehatan gelombang pertama Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPNI yang dikordinir oleh pusat penanggulangan krisis Kemenkes RI telah menyelesaikan tugas.

Langkah selanjutnya, saat ini tim bantuan kesehatan gelombang ke II asal Sulawesi Selatan kembali diberangkatkan untuk tugas 15 hari kedepan ke wilayah Sulawesi Tengah. Pemberangkatan tersebut dilakukan kemarin, Kamis (29/11/2018).

Ketua DPW PPNI Sulsel, Abdul Rakhmat didampingi Ketua Divisi Pelayanan, Suhatman A Hakim memberikan spirit agar dalam mengemban tugas pentingnya mengedepankan keihlasan, integritas, dan nilai profesionalisme.

“Semoga apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua berjalan dengan ikhlas. Serta apa yang menjadi harapan kita bisa terwujud,” kata Abdul Rakhmat, Jumat (30/11/2018).

Turut hadir dalam breafing kemarin Ketua DPD PPNI Kabupaten Sidrap Jufriadi dan Wakil Bendahara DPW PPNI Sulawesi Selatan Hj. Harnia.

Sementara itu, Gelombang I pada hari Kamis ini sudah mengakhiri tugasnya sebagai Tim Bantuan Kesehatan. Tim Gelombang I menyampaikan pengalamannya selama berada di lokasi sebagai pengalaman yang luar biasa, berada di tengah-tengah masyarakat yang terkena dampak bencana, membuat mereka dapat merasakan dan mendengar harapan dari masyarakat Sulteng agar terdampak korban dapat bangkit kembali dari musibah tersebut.

Program bantuan Tim Kesehatan yang dikordinir oleh Kemenkes RI sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dengan banyaknya posko pengungsi yang masih minim petugas menjadi masalah tersendiri di tengah penanganan korban gempa.

Adanya misi penugasan dari pemerintah Indonesia ini, yang bekerjasama dengan organisasi profesi PPNI menjadi salah satu solusi terhadap percepatan penanganan masalah kesehatan di Sulawesi Tengah.

“Terima kasih atas kepercayaan dan support dari DPP PPNI kepada DPW PPNI Sulsel atas kesempatan dan kepercayaan dalam penugasan ini,” kata Abdul Rakhmat.

Selain itu, dikatakannya juga mengenai alasan pengiriman tim tersebut, dikarenakan Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi terdekat dengan Sulawesi Tengah dan banyak juga warga Sulsel yang berdomisili di Sulteng.

“Sehingga dengan kesamaan budaya, bahasa, dan sosial, akan memudahkan Tim dalam beradaptasi di lapangan,” tandasnya.(*)

PPNI Sulsel


BACA JUGA