Kepala Bapenda Kota Makassar, Irwan R. Adnan

Bapenda Sebut Laskar Pajak Hadir Untuk Genjot PAD Makassar

Jumat, 30 November 2018 | 23:52 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sebagai salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Makassar yang bertugas melayani masyarakat terkait pajak daerah, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar terus melakukan inovasi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor pajak.

Kepala Bapenda Kota Makassar, Irwan R. Adnan mengatakan salah satu unovasi yang dilakukan untuk menggenjot pemasukan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Makassar dari sektor pajak adalah membentuk Laskar Peduli Pajak.

Irwan Adnan menyebutkan bahwa laskar pajak yang dibentuk tahun lalu memiliki kontribusi besar dalam meningkatkan realisasi PAD Kota Makassar tahun ini.

“Laskar Peduli Pajak sebagai upaya Badan Pendapatan Daerah untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Dan Laskar Peduli Pajak sebagai salah satu inovasi Badan Pendapatan Daerah dalam menggenjot peningkatan realisasi PAD Kota Makassar,” katanya.

Lanjut Irwan Adnan “Laskar Peduli Pajak ini sementra kita tempatkan hanya pada empat jenis pajak. Misalnya restoran dia catat dalam hari itu berapa transaksi yang terjadi, sehingga kita tahu omset penjualannya rumah makan itu dalam satu bulan berapa, jadi kita tahu pajaknya sekian,” lanjutnya.

Ia juga menyebutkan dengan adanya Laskar Peduli Pajak tersebut akan mengawasi setiap usaha yang sudah terdaftar sebagai wajib pajak, untuk meminimalisir adanya manupulasi laporan transaksi, sehingga wajib pajak dapat melaporkan pajaknya secara tepat waktu dan tepat nilai. 

“Jadi kalau misalnya pendapatan restoran itu dalam satu hari satu juta dia catat satu juta transaksiknya dan seterusnya. kalau kita tidak catat begitu bisa saja mereka laporkan pendapatannya misalnya 100 ribu padahalkan pendapatannya 1 juta. Kalau dia laporkan pendapatannya sedikit berarti pajaknya juga sedikit toh. Karena pajaknya 10 persen dari totalnya transaksinya,” tandasnya.(*)


BACA JUGA