Irman Yasin Limpo melontarkan pertanyaan kepada siswa boarding school SMA Negeri 17 Makassar, Kamis (22/11/2018)/Indra Abriyanto/Gosulsel.com

NA Sebut Irman Yasin Limpo Pantas Jadi Pj Wali Kota Makassar

Jumat, 30 November 2018 | 14:25 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Masa jabatan Muh Ramdhan Pomanto sebagai Wali Kota Makassar hampir berakhir. Orang nomor satu di Makassar itu akan menuntaskan jabatannya pada Mei 2019 mendatang, atau enam hari setelah Pilpres dilaksanakan.

Selanjutnya, tampuk kepemimpinan akan diserahkan ke Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar. Penjabat akan bertugas hingga pelaksanaan pemilihan Wali Kota Makassar berakhir dan pejabat definitif dilantik.

Berdasarkan aturan, penetapan Penjabat Wali Kota Makassar diserahkan kepada Gubernur Sulsel berdasarkan persetejuan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dikonfirmasi seputar hal itu, Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah mengatakan, pihaknya sudah mulai membidik siapa-siapa saja pejabat di lingkup Pemprov Sulsel yang memenuhi kriteria untuk menjadi Pj Wali Kota Makassar.

Kriterianya, kata NA, harus pamong senior yang berpengalaman di bidang pemerintahan. Namun yang paling utama, kata mantan Bupati Bantaeng dua periode itu, dia harus punya inovasi dan kreatifitas dalam membenahi Makassar yang menjadi ibukota Sulsel.

Setengah bercanda, dia mengatakan yang harus menjadi Pj Walikota harus orang gila.

“Pokoknya Pj Wali kota Makassar harus orang gila. Yang punya inovasi, yang bisa menata kota,” ungkap Nurdin, Senin (26/11).

Dia bahkan menantang kepala OPD yang bisa dan memenuhi kriteria tersebut untuk mengajukan diri. “Makanya siapa yang mengaku bisa, ya kita tunjuk. Kriteria kayak Ahok (Basuki Tjahaja Purnama, mantan Gubernur DKI Jakarta),” jelasnya.

Dia mengaku ada beberapa pejabat yang memenuhi kriteria. Seperti Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo.

“Ada kita punya. Tinggal kita kasih amunisi. Irman yasin limpo itu salah satunya. Pak irman itu cerdas loh,” ungkapnya.(*)


BACA JUGA