Awal musim hujan sejumlah kanal yang membentang dari Jalan Pa'baeng-baeng hingga Pasar Terong terlihat masih banyak dipenuhi sampah, hingga membuat air kanal berwarna kehitaman, Senin (19/11/2018) Makassar.

Dewan Desak Pemkot Makassar Rampungkan Pembangunan Drainase

Senin, 03 Desember 2018 | 18:53 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar untuk segera merampungkan pembangunan drainase.

Ada dua ketakutan dewan, pertama masa kerja hampir barakhir sehingga jika tidak ada progres sangat memungkinkan aggaran dikembalikan ke negara atau sisa laba penggunaan anggaran (Silpa).

Kedua, saat ini memasuki musim hujan, sehingga jika tidak dipercepat maka bisa saja menghambat proses pekerjaan. Selain itu, di musim hujan ini drainase sudah sangat dibutuhkan untuk menekan terjadinya banjir.

Anggota Komisi C DPRD Kota Makassar, Andi Amirullah Jaya mengimbau ada  koordinasi dengan pemerintah setempat untuk normalisasi drainase yang ada.

“Harus ada koordinasi Pemerintah setempat untuk sosialisasi ke masyarakat supaya mereka sama-sama memperbaiki drainasenya,” kata Amirullah, Minggu (2/12/2018) kemarin.

Ia menilai hampir seluruh wilayah di Makassar itu rawan banjir. Ini akibat pembangunan kota yang semakin maju. Karena itu, ia mengimbau partisipasi masyarakat untuk memperbaiki lingkungannya sendiri.

“Kalau kita lihat di Makassar, hampir semua wilayah itu rawan banjir, karena itu masyarakat harus berpartisipasi memperbaiki lingkungannya,” imbaunya.(*)


BACA JUGA